Share

Manusia Bakal Punya Kembaran Virtual dan Berpengaruh Kuat di Kehidupan

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 56 2612994 manusia-bakal-punya-kembaran-virtual-dan-berpengaruh-kuat-di-kehidupan-XXscKkf578.jpg Manusia bakal punya kembaran virtual dan berpengaruh kuat di kehidupan (Foto: Getty Images)

JAKARTA - Zaman ini segala sesuatu yang ada di dunia nyata bisa direplikasi secara digital. Seorang pakar teknologi menyebutkan, kita akan memiliki seorang kembaran virtual atau yang disebut doppelganger nantinya.

Dilansir dari BBC, Jumat (17/6/2022), analis teknologi Rob Enderle mengatakan, kembaran virtual ini akan memiliki kemiripan luar biasa dengan kita.

Saking miripnya, kembaran virtual ini bahkan dapat memberikan pengaruh yang kuat ke kehidupan nyata.

Enderle mengungkap bahwa kembaran virtual akan hadir dalam model komputer 3D yang canggih, yang dilengkapi kecerdasan buatan (AI) yang dikombinasikan dengan internet.

Hal ini, menurutnya, memungkinkan kembaran virtual terus belajar hal-hal baru.

Kembaran virtual disebut dapat terus menerus membangun sesuatu secara digital.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

Enderle menyampaikan bahwa versi pertama kembaran digital bisa saja muncul sebelum akhir dekade ini.

Dia berpendapat, ada pertimbangan etis untuk dipelajari saat kembaran virtual dikembangkan. Ini guna meminimalisir hal-hal tidak baik yang bisa berpengaruh kepada kehidupan manusia asli di dunia nyata.

"Apa yang terjadi jika perusahaan Anda menciptakan kembaran digital Anda, dan berkata 'hei, Anda punya kembaran digital ini yang tidak kami bayar, jadi mengapa kami masih mempekerjakan Anda?", katanya.

Enderle berpikir, kepemilikan kembar digital tersebut akan menjadi salah satu pertanyaan yang menentukan dari era metaverse yang akan datang. Yang mana saat ini sudah muncul kembaran virtual yang disebut avatar.

Namun, avatar saat ini masih sangatlah jauh dari kata kembaran digital. Di platform realitas virtual Meta, Horizon Worlds, misalnya, avatar bahkan belum memiliki kaki, dan teknologinya benar-benar masih dalam tahap awal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini