Share

Memahami Perbedaan Fotografi Model dan Portrait, Penting untuk Fotografer Pemula

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 57 2612526 memahami-perbedaan-fotografi-model-dan-portrait-penting-untuk-fotografer-pemula-55rRex0lN5.jpg Memahami perbedaan fotografi model dan potrait, penting untuk fotografer pemula (Foto: Vphoto)

JAKARTA - Perbedaan fotografi model dan portrait perlu dipahami bagi yang menggeluti dunia fotografi, tentu agar wawasan semakin bertambah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fotografi adalah seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan.

Dalam dunia fotografi terdapat beberapa jenis fotografi. Jenis fotografi tersebut dapat menjadi pengelompokkan dalam ketertarikan objek fotografi.

Umumnya, banyak fotografer pemula mengira jika fotografi model dan portrait adalah jenis yang sama. Jika dilihat dari objek memang menggunakan objek yang sama. Tetapi, keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Lantas, apa perbedaan fotografi model dan portrait? Dirangkum dari berbagai sumber, untuk mengetahuinya simak rangkuman berikut ini.

Fotografi Model

Sesuai dengan namanya, jenis fotografi satu ini menggunakan model orang sebagai objek foto. Biasanya, fotografer bekerja sama dengan model untuk menghasilkan gambar dengan pose yang menarik dan ekspresif.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

Fotografi jenis ini mulai dari pose, ekspresi, arah pandangan model akan diatur oleh fotografer. Namun, jika model tersebut berpengalaman, maka dapat memudahkan keduanya. Sebab, model akan menggunakan keterampilannya melalui pose, gerakan tubuh, dan ekspresi yang sesuai.

Fotografi Portrait

Jika dilihat sekilas dan fokus pada objek, jenis fotografi satu ini akan sama dengan jenis fotografi model. Hanya saja, keduanya sangat berbeda. Fotografi portrait memungkinkan fotografer untuk menghasilkan foto yang dapat menggambarkan sifat dari objek foto.

Oleh sebab itu, fotografer perlu mencari background yang sesuai, properti, teknik pencahayaan, dan mengenali sifat atau karakter dari subjek yang dipotret. Dengan begitu, foto yang dihasilkan tampak lebih bermakna dan kuat.

Selain usaha sang fotografer dalam menghidupkan karakter objek, model sebagai objek juga terlebih dahulu di-briefing mengenai tujuan pemotretan agar dapat menyelaraskan keinginan fotografer untuk hasil yang diinginkan.

Demikian perbedaan fotografi model dan fotografi potrait yang perlu diketahui bagi fotografer pemula.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini