Share

Pengguna YouTube Shorts Kini Tembus 1,5 Miliar per Bulan

Ahmad Haidir, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 57 2612653 pengguna-youtube-shorts-kini-tembus-1-5-miliar-per-bulan-EiIcnxDozv.jpg Pengguna YouTube Short kini tembus 1,5 miliar per bulan (Foto: Outofthe925)

JAKARTA - YouTube Shorts, platform video pendek besutan Google itu semakin populer saja. Dilaporkan, kini telah memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna per bulannya.

Berdasarkan data dari TechCrunch, platform yang menyerupai fitur Stories pada Instagram itu sekarang memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna bulanan yang aktif dan baru masuk.

Disadur dari Engadget, Kamis (16/6/2022), perlahan tapi pasti, platform baru YouTube itu berhasil menyaingi TikTok yang sudah mengumpulkan 1 miliar pengguna bulanan sejak September 2021 lalu.

Format YouTube Shorts, yang dikhususkan untuk konten video pendek itu tampaknya juga telah mendongkrak popularitas para penonton video YouTube konvensional.

Hal ini, karena kreator atau suatu kanal yang memposting video panjangnya di YouTube Shorts mengalami peningkatan pertumbuhan jumlah penonton dan waktu tonton, dibandingkan dengan pembuat konten yang hanya mengunggah klip panjang saja tanpa membuat Shorts.

YouTube pun melihat fenomena itu sebagai cerminan "kenyataan pemirsa hari ini", yaitu kecenderungan untuk menonton berbagai konten pada waktu yang lebih singkat dan tempat yang berbeda.

Statistik ini, jelas menegaskan posisi YouTube Shorts sebagai kompetitor serius untuk TikTok dan Instagram Stories.

Fakta itu, juga dapat menarik pembuat konten yang tidak yakin Shorts dapat membantu mereka menghasilkan uang.

Persaingan antara media sosial khusus konten video pun semakin menarik, di mana Instagram sudah memiliki opsi untuk menonton video yang lebih panjang, sementara TikTok baru-baru ini juga memperpanjang durasi maksimumnya menjadi 10 menit.

Dengan demikian, trend promosi untuk angka pengguna bulanan di setiap media sosial itu juga menunjukkan prioritas yang berbeda.

YouTube Shorts adalah cara untuk meningkatkan engagement dari karya berdurasi panjang para YouTuber, sementara Instagram dan TikTok memperlakukan video berdurasi panjang sebagai opsi untuk bintang media sosial yang perlu durasi konten lebih banyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini