Share

11 Langkah Membuat Video di YouTube Shorts

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 57 2612704 11-langkah-membuat-video-di-youtube-shorts-jJfqMcAm2Z.JPG 11 langkah membuat video di YouTube Shorts (Foto: BGR)

JAKARTA - YouTube Shorts adalah cara bagi siapa saja untuk terhubung dengan penonton baru, bahkan hanya dengan menggunakan smartphone dan kamera Shorts di aplikasi YouTube.

Alat pembuat video Shorts dari YouTube sendiri, memudahkan Anda membuat video berdurasi singkat dengan durasi hingga 60 detik dengan kamera multi-segmen.

Di negara atau wilayah mana saja alat pembuat video Shorts tersedia? Ini bisa diakses semua orang secara global dengan aplikasi YouTube.

Tidak memiliki alat pembuat video Shorts? Jika tidak melihat opsi “Buat Video Shorts”, pastikan Anda memiliki aplikasi YouTube versi terbaru.

Lantas bagaimana cara merekam video Shorts? Diolah dari halaman bantuan Google, simak 11 langkah membuat video di YouTube Shorts berikut ini.

1. Login ke aplikasi YouTube.

2. Ketuk buat lalu Buat video Shorts.

3. Untuk membuat video Shorts berdurasi lebih dari 15 detik, ketuk 15 di atas tombol rekam untuk merekam hingga 60 detik (60).

Catatan: Rekaman yang menggunakan musik dari koleksi kami atau audio asli dari video lain dibatasi maksimal 15 detik.

4. Untuk merekam klip, tahan tombol rekam atau ketuk tombol tersebut untuk memulai dan ketuk lagi untuk berhenti merekam.

5. Ketuk urungkan untuk menghapus klip video yang Anda rekam sebelumnya, atau ketuk ulangi untuk menambahkannya kembali.

6. Ketuk tutup lalu pilih Mulai lagi atau Simpan sebagai draf dan keluar dari kamera.

7. Ketuk selesai untuk melihat pratinjau dan memperbaiki video Anda.

8. Ketuk kembali untuk kembali ke layar rekaman. Anda juga dapat mengetuk kembali setelah mengedit untuk Menghapus hasil edit atau Menyimpan sebagai draf dan keluar dari editor. Menyimpan draf di tahap ini akan menyimpan semua hasil edit yang Anda buat.

9. Ketuk berikutnya untuk menambahkan detail ke video Anda. Dari layar ini, tambahkan judul (maks. 100 karakter), dan pilih setelan, seperti privasi video.

Catatan: Setelan privasi video default untuk kreator berusia 13–17 tahun adalah pribadi. Jika Anda berusia 18 tahun ke atas, setelan privasi default untuk video Anda adalah publik. Semua orang dapat mengubah setelan ini untuk menyetel video ke publik, pribadi, atau tidak publik.

10. Ketuk Pilih penonton lalu “Ya, video ini Dibuat untuk Anak-Anak" atau "Tidak, video ini tidak Dibuat untuk Anak-Anak" untuk memilih penonton Anda. Pelajari lebih lanjut setelan Dibuat untuk Anak-Anak.

11. Ketuk Upload untuk memublikasikan video Shorts Anda.

Demikian pembahasan mengenai 11 langkah membuat video di YouTube Shorts, semoga bisa membantu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini