Share

NASA Temukan Potongan Pesawat Luar Angkasa di Mars, Seperti Apa?

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 54 2613416 nasa-temukan-potongan-pesawat-luar-angkasa-di-mars-seperti-apa-mzklV0AVYK.jpg Potongan pesawat (Foto: The independent)

PENJELAJAH Mars dari lembaga antariksa Amerika Serikat alias NASA telah menemukan benda tak terduga yang ada di permukaan planet merah tersebut yakni potongan sebuah pesawat ruang angkasa!

Penemuan itu diumumkan langsung melalui akun Twitter resmi NASA Perseverance, Kamis (16/6/2022), yang menampilkan suara pendaratan petugas yang kemudian melihat ‘sesuatu yang tidak terduga’.

 mars

Setelah didekati, benda tersebut ternyata adalah sebuah potongan logam yang tampak menyerupai pesawat ruang angkasa yang terselip di antara bebatuan Mars.

Tim NASA yang mengontrol pendaratan itu memperkirakan bahwa benda asing tersebut adalah sepotong selimut termal yang mungkin menjatuhkan Perseverance saat mendarat di permukaan.

“Itu mungkin bagian dari tahap penurunan, paket jet bertenaga roket" yang menurunkan rover ke planet Mars ketika tiba tahun lalu.” cuit akun NASA Perseverance, dikutip oleh MNC Portal Indonesia Jum’at (17/6/2022).

NASA sendiri tentu tidak tahu bagaimana potongan pesawat luar angkasa itu bisa sampai ke tempat tertentu di Mars. Hal itu dapat menambah kemungkinan akan kekhawatiran tentang dampak kemanusiaan di luar angkasa, setelah peringatan bahwa kita mengotori bagian-bagian roket dan pesawat ruang angkasa tua di orbit dan di planet lain.

Tim pendaratan tersebut juga membagikan gambar selimut termal di Bumi – yang terlihat sangat mirip dengan objek yang terlihat di Mars saat pendaratan luar angkasa baru-baru ini tersebut.

Untuk diketahui, NASA dan badan antariksa dunia lainnya selalu mengambil tindakan pencegahan yang besar untuk menghindari para astronot terkontaminasi planet lain, yang mencakup pembersihan terkonsentrasi pendarat sebelum mereka meninggalkan Bumi.

AS dan negara-negara lain juga berkomitmen untuk tidak mengganggu alam yang belum tersentuh yang ada di planet lain. Namun, perjanjian itu diragukan karena beberapa negara telah menghindari komitmen internasional untuk meninggalkan puing-puing yang berpotensi membahayakan saat di orbit.

 BACA JUGA:Robot Zhurong Mulai Lakukan Penjelajahan di Planet Mars

Seiring dengan temuan itu, penjelajah NASA yang bertugas Mars lainnya kini dikabarkan sedang mencari tanda-tanda kemungkinan adanya kehidupan alien.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini