Share

Kumbang Ini Mampu Menahan Beban hingaa 39 Ribu Berat Tubuhnya, Siapa Dia?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 56 2613388 kumbang-ini-mampu-menahan-beban-hingaa-39-ribu-berat-tubuhnya-siapa-dia-NOJ69lDV6H.jpg Kumbang ini mampu menahan beban hingga 39 ribu berat tubuhnya, siapa dia? (Foto: UCI/David Kisailus)

JAKARTA - Kumbang yang memiliki nama ilmiah Phloeodes Diabolicus ini merupakan hewan yang berasal dari Amerika Utara. Ia tidak memiliki bentuk indah, hanya terlihat seperti potongan kecil kulit kayu atau batu keriput.

Namun, jangan salah cangkang kumbang ini merupakan salah satu material terkuat di dunia yang terbentuk secara alami.

Bahkan, cangkang tersebut mampu melindungi tubuh si kumbang dari injakan mobil sekalipun.

Meskipun tidak bisa terbang, keterampilan bertahan hidup serangga ini sangat tinggi.

Para ilmuwan baru saja melakukan penelitian dengan menggunakan seperangkat alat untuk menemukan sifat fisik dan mekanik yang memberi kekuatan luar biasa pada spesies kumbang tersebut.

"Ironclad adalah kumbang terestrial, jadi tidak ringan dan cepat. Bersifat lebih kecil namun sangat kuat," kata ilmuwan material David Kisailus dari University of California Irvine, seperti dikutip dari Science Alert, Sabtu (18/06/2022).

Kumbang kecil ini berukuran lebih dari 1 sentimeter dan biasanya hidup di sekitar gurun barat daya Amerika Utara. Dia biasa bersembunyi di bawah bebatuan atau kulit pohon.

Para peneliti melakukan percobaan terhadap kumbang Ironclad dengan melakukan tes kompresi pelat baja pada seluruh kerangka luar cangkangya untuk memastikan seberapa besar kekuatan yang dapat ditahan.

Melalui penelitian tersebut, peneliti menemukan kumbang Phloeodes Diabolicus mampu menahan kekuatan maksimum 149 newton. Itu adalah 39.000 kali berat tubuh si kumbang sendiri.

Guna mendalami pengetahuan, peneliti melakukan pengamatan lebih lanjut terhadap bahan cangkang yang dimiliki serangga tersebut secara lebih dekat.

Peneliti menemukan bahan cangkang itu terdiri dari kitin, bahan berserat yang berasal dari glukosa, dan matriks protein.

Ketika membandingkan exoskeleton milik Ironclad dengan kumbang serupa, peneliti menemukan bahwa kumbang Ironclad memiliki protein sekira 10 persen lebih berat dibanding kumbang spesies lainnya.

Penemuan ini dapat membuka jalan bagi pengembangan material yang lebih tahan lama untuk mengatasi faktor dari luar penyebab kerusakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini