Share

NASA Temukan 2 Eksoplanet Mirip Bumi, Lokasinya Dekat dari Tata Surya!

Tangguh Yudha, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2022 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 56 2614128 nasa-temukan-2-eksoplanet-mirip-bumi-lokasinya-dekat-dari-tata-surya-6i913sTdoo.jpg Nasa temukan eksosplanet mirip Bumi (Foto Ilustrasi: Upi)

NATIONAL Aeronautics and Space Administration (NASA) baru-baru ini menemukan dua eksoplanet yang mirip dengan Bumi. Dikatakan bahwa lokasinya tak jauh dari tata surya.

Seperti dilansir dari UPI, Sabtu (18/6/2022), tim Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) dari NASA mengatakan kedua eksoplanet itu berjarak 33 tahun cahaya. Paling dekat yang pernah ditemukan.

"Keduanya masuk dalam 10 kandidat teratas untuk karakterisasi atmosfer di antara semua eksoplanet terestrial yang sejauh ini ditemukan," kata Pat Brennan, kepala tim TESS.

Nasa Temukan Eksosplanet Mirip Bumi

(Nasa temukan eksosplanet mirip Bumi, Foto: Upi)

Lebih lanjut Rennan menyebut dua eksoplanet dianggap sebagai "bumi super", dengan kode HD 260655 b berukuran 1,2 kali ukuran Bumi dan HD 260655 c berukuran 1,5 kali ukuran Bumi.

BACA JUGA : NASA Temukan Potongan Pesawat Luar Angkasa di Mars, Seperti Apa?

Keduanya mengorbit bintang katai merah yang memiliki HD 260655. Tapi sayang suhu keduanya diyakini terlalu panas untuk menopang kehidupan seperti di Bumi sehingga dipastikan tidak ada kehidupan di sana.

BACA JUGA : NASA Temukan Planet Baru, Disebut Permukaannya Mirip Neraka

Brennan mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih terus mendalami dua eksoplanet yang ditemukan. Pemantauan dilakukan mrnggunakan teleskop luar angkasa James Webb.

"Teleskop James Webb, yang akan segera mengirimkan gambar sains pertamanya, dapat memeriksa atmosfer planet untuk mencari air, molekul karbon, dan komponen lainnya," kata Brennan.

"Mempelajari lebih lanjut tentang atmosfer planet berbatu akan membantu para ilmuwan memahami pembentukan dan perkembangan dunia seperti milik kita," tambahnya.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini