Share

Microsoft Defender Diluncurkan untuk Windows, macOS, iOS hingga Android, Apa Fungsinya?

Ahmad Haidir, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2022 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 57 2614138 microsoft-defender-diluncurkan-untuk-windows-macos-ios-hingga-android-apa-fungsinya-cz8FdrYvvA.jpg Microsoft Defender (Foto: Techcult)

MICROSOFT membuat sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan aplikasi keamanan siber Defender mereka di seluruh operating system ternama dunia yakni Windows, macOS, iOS, hingga Android.

Aplikasi lintas platform baru ini dirancang untuk individu dengan memanfaatkan perangkat lunak antivirus yang ada di setiap operating system atau menawarkan perlindungan perangkat tambahan.

Microsoft Defender nantinya akan tersedia untuk pelanggan Microsoft 365 Personal and Family dimana fiturnya akan bervariasi menurut platform. Di iOS dan iPadOS misalnya yang tidak ada perlindungan antivirus, melainkan aplikasi ini menawarkan beberapa perlindungan phishing web di samping dasbor yang menyertakan peringatan untuk perangkat lain.

Microsoft Defender

(Microsoft Defender, Foto: Techcult)

Lalu untuk Android, Microsoft Defender menyertakan perlindungan antivirus dan kemampuan untuk memindai aplikasi berbahaya. Aplikasi ini juga akan memindai tautan untuk menawarkan perlindungan phishing web.

BACA JUGA : Microsoft Akhiri Riwayat Internet Explorer Setelah 27 Tahun Beroperasi

Sementara Microsoft Defender di Windows bertindak lebih seperti dasbor daripada mencoba mengganti aplikasi Keamanan Windows bawaan. Anda dapat melihat perlindungan antivirus yang ada dari Norton, McAfee, atau vendor lain dan mengelola serta melihat perlindungan keamanan di seluruh perangkat.

BACA JUGA : Microsoft Sebut Ponsel Android Rentan Dibajak Hacker, Begini Penjelasannya

Microsoft Defender terbaru juga menyertakan peringatan keamanan dan tips di beberapa perangkat yang mana fitur itu tersedia untuk laptop atau PC Windows dan macOS.

‘Ekspansi’ ini mungkin akan terlihat berlebihan bagi banyak orang, tetapi sejatinya akan berguna bagi mereka yang ingin melindungi anggota keluarga dan beberapa perangkatnya di dasbor sederhana. Tak hanya itu, Microsoft juga menjanjikan bahwa lebih banyak fitur juga akan hadir.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

“Perluasan portofolio keamanan kami dengan Microsoft Defender untuk individu adalah perkembangan alami dan menarik dalam perjalanan kami sebagai perusahaan keamanan,” ucap Vasu Jakkal selaku wakil presiden perusahaan keamanan Microsoft, dikutip oleh MNC Portal Indonesia dari The Verge Jum’at (17/6/2022).

"Ini baru permulaan. Saat kami melihat ke depan, kami akan terus menghadirkan lebih banyak perlindungan bersama di bawah satu dasbor, termasuk fitur-fitur seperti perlindungan pencurian identitas dan koneksi online yang aman.” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini