Share

5 Tips Bersihkan Earphone Supaya Bebas dari Bakteri

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 57 2614552 5-tips-bersihkan-earphone-supaya-bebas-dari-bakteri-FPDo9sURXw.jpg 5 tips bersihkan earphone supaya bebas dari bakteri (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Earphone atau alat pendengar sangat penting bagi para pengguna ponsel pintar. Aksesori ini dapat membuat siapa saja mendengar audio dari siaran radio, rekaman video, hingga layanan streaming yang ada di smartphone.

Namun, siapa sangka ternyata earphone salah satu benda yang mengandung banyak bakteri.

Menyimpannya di sembarang tempat atau sering meminjamkannya ke orang lain bisa mengakibatkan earphone terkontaminasi bakteri.

Oleh karena itu, earphone harus rutin dibersihkan agar bakteri tidak membahayakan kesehatan telinga. Selain bakteri, membersihkan earphone juga dapat meningkatkan performa suara yang dihasilkan.

Berikut ini tips mudah membersihkan earphone agar tidak menimbulkan penyakit, sebagaimana dikutip dari Forbes, Senin (20/6/2022).

1. Sikat permukaan

Sebelum menyikat earphone, Anda harus mencabut earbud-nya terlebih dahulu. Arahkan bagian dalam earphone ke bawah lalu Anda dapat langsung mulai menyikatnya. Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk membersihkannya.

2. Cuci earbuds

Anda dapat membersihkan bantalan earphone atau earbuds menggunakan sabun cuci piring. Caranya tuangkan sedikit sabun cuci piring dengan air hangat.

Setelah itu, Anda dapat menggunakan campuran bahan ini untuk membersihan earbuds. Gunakan lap yang halus untuk membersihkannya.

3. Keringkan dengan kapas atau tisu

Anda dapat mengeringkan earphone dengan tisu atau kapas. Selain itu bisa juga memakai bantalan stiker dinding untuk ditempelkan ke earphone yang sudah dibersihkan tadi. Ini dapat membuat sisa-sisa kotoran terambil. Anda dapat melakukan ini dua atau tiga kali untuk hasil maksimal.

4. Bersihkan dengan cottonbuds dan alcohol

Setelah disikat, Anda dapat membersihkan earphone dengan cottonbuds yang dibasahi oleh alkohol. Cara ini membantu mensterilkan permukaan dan menghilangkan sisa kotoran telinga di earphone.

Kendati demikian, jangan sampai membuat cottonbuds menjadi sangat basah. Itu bisa dapat membuat cairan alkohol masuk dan merusak earphone.

5. Bersihkan kabel

Kabel earphone yang sudah menguning dapat Anda bersihkan dengan cara yang mudah. Walau tidak sepenuhnya kembali ke warna seperti pertama kali membeli, cara ini terbukti ampuh untuk membuat earphone seperti baru lagi.

Anda dapat membersihkan kabel earphone dengan minyak kayu putih atau baby oil. Anda dapat menggosokan kapas yang sudah dibasahi minyak kayu putih atau baby oil pada bagian kabel yang terlihat kotor.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini