Share

Momochan: Dari Gak Tau Arti Caster, Hingga Jadi Salah Satu Yang Terbaik!

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 326 2615302 momochan-dari-gak-tau-arti-caster-hingga-jadi-salah-satu-yang-terbaik-NhUtcXT9cV.jpg Momochan: dari gak tahu arti caster, hingga jadi salah satu yang terbaik! (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Tak bisa dipungkiri, industri game dan esports kini sudah tumbuh subur di Indonesia. Game seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, Valorant, Dota dan lainnya memiliki banyak sekali pengikut di sini.

Tim-tim esports pun juga sudah banyak yang sukses di tanah air, dan mereka sendiri telah mewakili Indonesia di kancah internasional dan menjadi juara dunia.

6 tahun yang lalu, popularitas esports tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan sekarang, namun Momochan adalah salah satu sosok yang mengambil resiko di industri ini.

Monica Mariska atau yang lebih dikenal baik sebagai Momochan adalah salah satu shoutcaster esports ternama di Indonesia. dia juga adalah salah satu caster generasi awal yang membuka jalan bagi banyak caster muda sukses di Indonesia saat ini.

Momo memulai karirnya sebagai shoutcaster di tahun 2016 untuk kompetisi game First Person Shooter (FPS) Rules of Survival (ROS). Uniknya, Momochan mendapatkan tawaran dari temannya, namun Momo sendiri tidak mengetahui apa itu arti caster.

“Awalnya memang karena aku suka banget sama FPS, jadi aku sempat ditawarkan sama teman aku yang event organizer ROS… dia tawarin ‘Momo mau gak coba jadi caster?’ Terus awalnya aku gak tahu ada sebutan caster dan ada profesi itu, terus aku tanya caster itu apa,” jelas Momochan.

“Terus kan waktu itu aku lagi nggak ngapa-ngapain jadi akhirnya aku coba, eh akhirnya ketagihan deh sampe sekarang jadi caster,” lanjutnya.

Karena tidak memiliki latar belakang sebagai seorang caster, Momochan pun juga harus mempelajari banyak hal dari nol, mulai dari pembukaan, adlibs hingga membawa pertandingan.

Namun terlepas dari keahlian yang dimiliki, memulai karir sebagai caster sendiri adalah resiko besar yang Momochan harus berani ambil. Pasalnya di tahun 2016 esports belum begitu dikenal di kalangan masyarakat umum, sehingga jenjang karir seorang caster pun juga belum jelas.

“Sebenarnya waktu itu juga deg-degan sih, mikir panjang kayak aduh yakin gak yah. Biasanya setiap bulan dapat gaji bulanan, setiap hari harus bangun jam 8, pulang jam 5 sore. Cuman aku pikir setiap orang harus berani dengan rencana-rencana yang lebih matang kedepannya.”

Momochan bergabung dengan tim caster Mobile Legend pada tahun 2017, dan keputusan itu sendiri mendorong karirnya sebagai salah satu caster paling sukses di Indonesia.

Selain menjadi caster favorit banyak orang, Momochan juga sekarang aktif di hal-hal lain di industri esports, seperti menjadi Brand Ambassador brand Fantech, live streamer dan juga content creator. Namun, dia tetap menikmati pekerjaan utamanya sebagai caster.

Selama 7 tahun menjadi seorang shoutcaster, Momo telah membawakan beberapa event esports terbesar di Indonesia, salah satunya grand final playoff MPL.

“Bangga aja karena aku bisa menjadi salah satu perwakilan caster Indonesia buat nge-cast (final), tapi perjalanannya juga tidak gampang karena di esports ini lumayan besar jadi banyak orang juga yang sudah masuk ngambil profesi ini.”

Momochan hanya satu dari sekian banyak Superbuddies yang telah diwawancarai BuddyKu. Kalau kalian penasaran dengan cerita lain dari Momochan, segera download BuddyKu ya di App Store dan Play Store ya Buddies. Dapatkan akses ribuan berita gratis setiap harinya dan rewards untuk kamu yang bikin content di BuddyKu. Tunggu apalagi, yuk download BuddyKu, Gratis!

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini