Share

NASA dan NOAA Tuntaskan Pengujian Satelit Terbaru, Begini Keunggulannya

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 56 2615279 nasa-dan-noaa-tuntaskan-pengujian-satelit-terbaru-begini-keunggulannya-c1ctyiogDj.JPG NASA dan NOAA tuntaskan pengujian satelit terbaru, begini keunggulannya (Foto: NOAA)

JAKARTA - NASA telah menuntaskan tahapan pengujian kritis untuk satelit prakiraan cuaca terbarunya, yakni Joint Polar Satellite System-2 (JPSS-2).

Diolah dari SciTechDaily, Selasa (21/6/2022), satelit ini digunakan untuk meningkatkan keakuratan terhadap prakiraan cuaca.

BACA JUGA:Peran Tulang dalam Menghasilkan Keturunan Terbukti Ilmiah dan Termuat di Alquran

Lalu, JPSS-2 dinilai dapat meningkatkan pemahaman terhadap cuaca ekstrem serta perubahan iklim yang dialami oleh Bumi.

Pekan lalu, JPSS-2 telah diuji oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Tes ini, dilakukan untuk menguji dan memastikan segala instrumen dari satelit JPSS-2 berfungsi dengan baik saat terpapar lingkungan luar angkasa yang sangat berbeda dengan Bumi.

BACA JUGA:Penjelasan Sains Terkait Gravitasi Ternyata Sesuai dengan Alquran

“Saya benar-benar dapat mengatakan dengan kepastian 100% bahwa satelit bekerja dengan baik,” ujar manajer proyek penerbangan JPSS Andre Dress.

“Semua instrumen memiliki kinerja yang baik, dan kami akan memenuhi semua persyaratan dan menambah beberapa hal lainnya,” tambahnya.

JPSS-2 sendiri, merupakan satelit ketiga dalam seri lainnya dari Joint Polar Satellite System.

Satelit ini, rencananya akan diluncurkan pada tanggal 1 Novemebr 2022 mendatang.

Peluncurannya berlokasi di Vandenberg Space Force Base yang berada di California, dan JPSS-2 akan berganti nama menjadi NOAA-21 setelah mencapai orbit.

Saat beroperasi, JPSS-2 bakal mengelilingi bola dunia saat mengorbit dari kutub Utara ke kutub Selatan. JPSS-2 akan melintasi khatulistiwa 14 hari sehari guna mengamati kondisi atmosfer seperti suhu dan kelembaban.

Satelit ini, juga akan mengamati angin topan, banjir, kebakaran hutan, serta kekeringan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini