Share

Dampak Krisis Iklim, Beruang Kutub Terpaksa Beradaptasi dengan Kondisi Baru

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 56 2615379 dampak-krisis-iklim-beruang-kutub-terpaksa-beradaptasi-dengan-kondisi-baru-8SSiOBGCKn.jpg Dampak krisis iklim, beruang kutub terpaksa beradaptasi dengan kondisi baru (Foto: Reuters)

JAKARTA - Beruang kutub pada dasarnya hidup dengan lingkungan yang penuh dengan lautan es, tetapi akibat krisis iklim habitat mereka kini rusak karena es mencair.

Diansir dari ZME Science, Selasa (21/6/2022) para ilmuwan menemukan sesuatu yang dinilai mustahil. Ada sekolompok beruang di Greenland tenggara telah beradaptasi untuk berburu di lingkungan air tawar.

Beberapa beruang kutub hidup dalam kondisi tidak biasa. Hal ini memungkinan para beruang di lokasi tertentu bisa lebih tahan terhadap perubahan iklim.

Namun, penemuan ini belum dapat disamaratakan dengan semua beruang kutub. Pata peneliti masih harus menemukan jawaban dari populasi beruang di Greenland tersebut.

Lebih lanjut, berdasarkan data populasi genetik dan pergerakan yang dilakukan peneliti, ditemukan bagaimanq beruang bertahan hidup walaupun akses ke es laut terbatas.

Menurut salah seorang penulis studi bernama Kristin Laidre, ekstrapolari dalam penemuan ini harus sangat berhati-hati.

Pasalnya, es gletser yang memungkinan beruang tetap bertahan hidup tidak ada lagi di sebagiaan besar Arktik.

Peneliti mengatakan, adanya perbedaan genetik antara kelompok beruang tersebut dengan beruang kutub lainnya.

Rekan penulis studi bernama Beth Shapiro menjelaskan mereka adalah populasi beruang kutub yang paling terisolasi secara genetik di planet ini, hidup sendiri setidaknya selama beberapa ratus tahun.

Dalam studi ditunjukan mengenai beruang Greenland Tenggara memiliki akses ke laut selama empat bulan dalam satu tahun (antara Februari dna akhir Mei). Pada waktu ini, beruang arktik berburu anjing laut menggunakan platform es laut.

Kendati demikian, selama sisa waktu, beruang mengambil pendekatan berbeda, yakni berburu anjing laut dari balok es tawar yang memecahkan lapisan es Greenland.

Berdasarkan temuan fakta terkait beruang yang dapat bertahan, hal ini menunjukan gletser yang bergerak di laut bisa menjadi tempat perlindungan. Tempat inilah yang dapat membuat beberapa beruang dapat bertahan hidup saat es laut terus mencair.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini