Share

Penyebab Fenomena Kabut di Karawang, Begini Penjelasan BMKG

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 56 2615497 penyebab-fenomena-kabut-di-karawang-begini-penjelasan-bmkg-yBqFWs7x8E.jpg Penyebab fenomena kabut di Karawang, begini penjelasan BMKG (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Fenomena kabut di Karawang telah terjadi baru-baru ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun memberikan penjelasannya.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Jawa Barat, Indra Gustari, mengatakan bawah fenomena kabut yang terjadi dinihari di Karawang itu merupakan hal biasa.

Atas dasar itu, Indra meminta warga Karawang agar tidak panik dengan kejadian tersebut.

"Kabut ini biasa terjadinya jika pelepasan panas dari permukaan buminya maksimal, yaitu pada malam atau dini hari dalam bentuk gelombang panjang," kata Indra saat dihubungi iNews, dikutip Selasa (21/6/2022).

Dia menjelaskan, radiasi gelombang panjang dari permukaan Bumi tersebut, menjadi optimal jika langit cerah (tidak ada awan) khususnya pada musim kemarau.

Indra juga menerangkan, fenomena kabut di Karawang bukan hal yang berbahaya. Karena kabut terjadi akibat variabilitas iklim atau musim.

Sebab dari analisis Stasiun Klimatologi Jawa Barat, pada awal Juni tahun 2022, Kabupaten Karawang telah memasuki musim kemarau.

"Analisis Stasiun Klimatologi Jawa Barat, sampai awal Juni 2022 ini beberapa wilayah di Jawa Barat sudah memasuki musim kemarau, yaitu di pesisir utara Jawa Barat (mulai dari Karawang, bagian utara Bekasi, sebagian besar Subang dan sebagian besar Indramayu) dan sebagian wilayah tengah," katanya.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini