Share

Tahukah Anda, Apa yang Terjadi pada Bumi Jika Bulan Tak Ada?

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 56 2615735 tahukah-anda-apa-yang-terjadi-pada-bumi-jika-bulan-tak-ada-fnSLL8n8T6.jpg Tahukah Anda, apa yang terjadi pada Bumi jika Bulan tak ada? (Foto: AFP)

JAKARTA - Bulan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia sejak awal peradaban. Tidak sekadar mempercantik langit malam, Bulan juga sangat memberikan peran penting dalam kehidupan di Bumi.

Bumi dan Bulan sendiri, telah menjadi "teman" sejak mereka terbentuk, sehingga tidak dapat dipisahkan. Tetapi, ada pertanyaan yang mungkin sempat muncul dalam benak kita, misalnya apa yang terjadi pada Bumi jika Bulan tidak ada?

Tentu bukan hanya langit malam yang akan kosong dan lebih muram, tetapi juga dampaknya lebih hebat lagi, yaitu kemungkinan gangguan besar terhadap iklim Bumi dan satwa liar.

Guna menjawab pertanyaan itu, berikut dampak yang terjadi pada Bumi bila Bulan tidak ada, seperti dirangkum dari ZME Science, Rabu (22/6/2022).

1. Memengaruhi pasang-surut laut

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tarikan gravitasi Bulan memiliki dampak yang luar biasa pada pasang surut. Tanpa Bulan, pasang surut akan jauh lebih lemah, yakni antara 50 dan 75 persen lebih rendah daripada saat ini. Hal ini tentu berdampak pada ekosistem di laut.

2. Mengancam hewan-hewan laut

Beberapa hewan laut seperti kepiting, remis, bintang laut, dan siput sangat bergantung pada pasang surut untuk kelangsungan hidup mereka. Tanpa Bulan, tentu bisa mengancam keberlangsungan hidup mereka.

3. Gangguan iklim

Gerakan pasang surut memainkan peran penting dalam iklim Bumi. Hal ini karena pasang surut mendorong arus, yang pada gilirannya mendistribusikan air hangat ke seluruh dunia.

Tanpa pasang surut, suhu regional bisa menjadi lebih ekstrem, baik dingin maupun hangat, dan cuaca aneh seperti angin topan akan jauh lebih sering terjadi.

4. Langit malam lebih gelap

Walaupun Bulan hanya memantulkan antara 3 dan 12 persen dari sinar matahari yang mengenainya, tetapi itu cukup untuk membuat segala sesuatunya terlihat pada malam hari.

Tanpa Bulan, langit malam akan lebih gelap dan banyak hewan nokturnal seperti burung hantu dan singa yang akan sangat terganggu. Beberapa hewan tersebut akan lebih cepat punah karena tidak dapat memperoleh makanan.

5. Musim yang kacau balau

Bulan memiliki pengaruh besar di Bumi dan kehidupan. Misalnya, di awal sejarahnya, Bumi menyelesaikan rotasi di sekitar porosnya setiap empat jam, tetapi ini secara bertahap melambat menjadi 24 jam karena Bulan menghabiskan energi dari momentum berputar Bumi.

Bumi berputar di sekitar sumbu yang miring pada 23,5ΒΊ, dan inilah mengapa kita memiliki musim.

Selama musim panas, Belahan Bumi Utara miring ke arah Matahari sehingga kita mendapatkan hari yang lebih panjang dan cuaca yang lebih hangat.

Namun, di musim dingin, Belahan Bumi Utara dimiringkan menjauh dari Matahari sehingga hari-hari kita lebih pendek dan cuaca lebih dingin.

Lantas, jika Bulan tidak ada, tentu akan mengacaukan peristiwa ini, dan pergantian musim di seluruh dunia akan berubah drastis dan itu mengerikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini