Share

Windows 11 Siapkan Fitur Peringatan Aplikasi yang Memata-Matai Pengguna

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 57 2615311 windows-11-siapkan-fitur-peringatan-aplikasi-yang-memata-matai-pengguna-X9RKoYMU0Z.JPG Windows 11 siapkan fitur peringata aplikasi yang memata-matai pengguna (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Windows merupakan perangkat lunak yang banyak digunakan oleh masyarakat hampir di seluruh dunia. Pada Oktober 2021 lalu, Microsoft merilis sistem operasi teranyarnya, yaitu Windows 11.

Pembaruan ini, menggantikan Windows 10 yang dirilis 6 tahun sebelumnya. Windows 11 memiliki banyak sekali fitur menarik. Salah satunya adalah alat privasi baru yang dapat mengetahui aplikasi yang memata-matai pengguna.

Dilansir dari TechRadar, Selasa (21/6/2022), fitur audit privasi ini pertama kali diumumkan di Twitter oleh Wakil Presiden Microsoft, David Weston untuk perusahaan dan keamanan OS.

Fitur ini, hadir dalam versi pratinjau baru Windows 11 dan sedang diuji di Saluran Dev, di mana versi pratinjau paling awal dari OS.

Fitur Audit Privasi Windows 11 yang baru memungkinkan Anda melihat riwayat akses perangkat sensitif seperti Mikrofon.

Anda bisa menggunakan fitur ini, caranya dengan membuka pengaturan, klik privasi dan keamanan, kemudian lanjut izin aplikasi.

Dengan begitu Anda bisa melihat daftar aktivitas terbaru, misalnya seperti melihat aplikasi mana yang telah mengakses mikrofon Anda dalam seminggu terakhir dan mungkin kamera.

Selain itu, fiitur terbaru ini juga dapat memerikan notifikasi aktivitas yang berpotensi mencurigakan.

Kemudian, fitur di Windows 11 ini juga dapat mengawasi aplikasi yang telah mengakses kontak Anda, atau detail yang berkaitan dengan lokasi Anda, panggilan telepon, dan lainnya.

Pengguna juga diberi tahu waktu dan tanggal yang tepat dari akses yang dilakukan ke perangkat keras atau fungsi yang bersangkutan.

Fitur ini, sangat bagus untuk mengawasi aktivitas dari kamera dan mikrofon hingga kontak dan detail lainnya. Dan dengan adanya pemeriksaan melalui audit privasi secara berkala dapat melindungi aplikasi secara aman.

Sebab, Microsoft telah lama memiliki reputasi yang bermasalah untuk privasi ketika datang ke Windows, terutama sejak Windows 10 datang.

Sehingga, bagus untuk melihat raksasa perangkat lunak mengambil langkah maju yang positif untuk membantu pengguna Windows 11 mempertahankan tingkat kewaspadaan dan keamanan keseluruhan ketika menbuk ke PC mereka. Dengan asumsi fitur tersebut berhasil melewati tahap pengujian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini