Share

Tips Dapatkan WiFi Gratis di Mana Saja Ketika Tak Punya Kuota Internet

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 57 2615733 tips-dapatkan-wifi-gratis-di-mana-saja-ketika-tak-punya-kuota-internet-rBVpanLdKc.jpg Tips dapatkan WiFi gratis di mana saja ketika tak punya kuota internet (Foto: Freepik)

JAKARTA - Di zaman ini, internet menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh seluruh kalangan. Bekerja dari jarak jauh, pembelajaran virtual, atau sekadar mendapatkan hiburan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja berkat akses ke dunia maya.

Semua hal tersebut, bisa dilakukan apabila seluruh produk gawai atau teknologi yang terhubung dengan internet yang andal. Tetapi, seringkali jaringan internet yang kurang stabil atau kehabisan kuota internet menjadi hal yang membatasi pergerakan para penggunanya.

Lantas, bagaimana solusinya apabila memiliki masalah pada internet? Dilansir dari CNET, Rabu (22/6/2022), berikut rangkuman tips mendapatkan WiFi gratis di mana saja ketika tidak punya kuota.

Cara Menemukan WiFi atau Hotspot Publik Gratis

Meskipun hal ini tidak dapat dilakukan di rumah, kecuali di sekitar rumah terdapat WiFi yang tidak dipassword, biasanya bisa didapatkan jika mengunjungi kedai kopi, perpustakaan, hotel, restoran, pusat kebugaran, pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin keluar untuk mencari internet gratis, ada dua aplikasi yang bermanfaat untuk dicoba, yaitu Instabridge dan WiFi Map di mana keduanya tersedia untuk Android atau iOS.

Aplikasi itu, bakal menampilkan peta area sekitar Anda dan menunjukkan daftar WiFi gratis atau hotspot yang tersedia. Sebagian besar juga memungkinkan Anda melacak persyaratan loginnya.

Guna mengatur dan menggunakan WiFi atau hotspot gratis, pertama-tama pastikan dahulu perangkat yang digunakan dapat mengakses internet.

Setelah tiba di tempat yang menyediakan WiFi, yang perlu dilakukan adalah menghubungkan WiFi ke perangkat yang dimiliki.

Selanjutnya, pilih koneksi WiFi publik yang ingin Anda gunakan. Jika koneksi bersifat publik, Anda akan terhubung secara otomatis, tetapi perhatikan situs opt-in yang muncul di browser Anda.

Beberapa tempat mungkin mengharuskan Anda untuk menyetujui persyaratan layanan mereka atau memberikan alamat email sebelum mereka mengizinkan Anda menggunakan WiFi gratis mereka.

Adapun yang memberikan user login dan kata sandi kepada pelanggan mereka dan menawarkan jaringan yang aman. Jika koneksi yang ingin Anda gunakan dipassword, cari usernamenya dan kata sandi yang digunakan tempat tersebut, atau minta bantuan seseorang.

Dan, jika Anda berada di suatu tempat seperti kedai kopi, akan sopan untuk membeli kue atau secangkir kopi saat Anda berada di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini