Share

Cara Hentikan Aplikasi Pihak Ketiga di iPhone Akses Data Anda

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 57 2615921 cara-hentikan-aplikasi-pihak-ketiga-di-iphone-akses-data-anda-g9yQkkTxON.jpg Cara hentikan aplikasi pihak ketiga di iPhone akses data Anda (Foto: CNET/Patrick Holland)

JAKARTA - Pengguna iPhone tentu pernah mendapatkan notifikasi izin akses ketika selesai mengunduh atau menggunakan aplikasi tertentu, termasuk dari pihak ketiga.

Terkadang, hal ini meresahkan, pasalnya jika izin akses disetujui aplikasi di ponsel memiliki akses ke lebih banyak informasi daripada yang dibutuhkan.

Dilansir dari CNET, Rabu (22/6/2022), aplikasi yang didownload khususnya dari pihak ketiga mungkin akan membagikan data penggunanya tanpa sepengetahuan Anda.

Diketahui, Apple dan Facebook (Meta) sendiri telah menghadapi tuntutan karena diduga menyalahgunakan data pelanggan dan membuat kerugian terhadap pelanggan.

Namun, jika Anda sudah terlanjur untuk memberikan izin tertentu terhadap iPhone Anda, berikut adalah cara untuk mencabut izin aksesnya.

Cara Ubah Izin Akses Aplikasi Pihak Ketiga untuk iOS 15 dan yang lebih baru:

1. Klik Pengaturan pada iPhone Anda

2. Klik Privasi

Di menu Privasi, Anda dapat mengatur akses ke Kontak, Foto, dan Kamera perangkat untuk aplikasi pihak ketiga yang meminta izin mengakses informasi tersebut.

Hal Lainnya yang Bisa Ditemui di Menu Privasi

Selain mengatur izin aplikasi di menu Privasi, Anda juga dapat menyesuaikan aplikasi mana yang dapat mengakses data lokasi Anda.

Pengguna juga bisa mengakses menu Periklanan Apple. Klik untuk melihat informasi penargetan iklan apple dan aktifkan atau nonaktifkannya.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini