Share

Jangan Asal Sebut, Ini Makna Healing Menurut Content Creator Wantja

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 57 2615930 jangan-asal-sebut-ini-makna-healing-menurut-content-creator-wantja-wZytq26txO.jpg Jangan asal sebut, ini makna healing menurut content creator Wantja (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Pernah berpikir untuk healing dengan cara traveling atau makan-makan enak Buddies? Eiiits tunggu dulu, sebenarnya kamu tahu enggak sih apa makna “healing”. Apakah healing itu memang berarti kegiatan memanjakan diri-sendiri?

Content creator Irwan atau lebih akrab disapa Wantja punya jawabannya nih. Wantja dikenal sebagai content creator yang gemar sharing seputar informasi kesehatan mental dalam bentuk doodles.

Menurutnya “healing” dalam konteks kesehatan mental tidak sesederhana pergi liburan atau wisata kuliner. “Kalau membicarakan healing harus diawali dengan adanya luka dulu. Kita sudah tahu kalau sebenarnya ada luka dalam perasaan kita, mungkin pengalaman yang kurang menyenangkan atau hal yang bikin kita kepikiran terus menerus,” ujarnya.

Wantja menambahkan, healing adalah proses dimana kita berusaha “move on” atau mengobati perasaan luka tersebut supaya kehidupan kita di masa depan lebih mudah.

“Proses healing enggak segampang dan seenak itu. Healing bukan makan cantik, jajan kopi kekinian, atau liburan. Tapi healing itu adalah bagaimana caranya kita melewati perasaan yang enggak mudah dan pengalaman buruk sehingga kita bisa berfungsi dengan lebih baik dan lebih sehat ke depannya,” jelas Wantja.

Lalu kegiatan apa sih yang bisa disebut healing? Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk healing adalah dengan menulis jurnal atau “journaling”. Wantja mengaku ia pun kadang menulis jurnal jika sedang mengalami perasaan yang kurang menyenangkan.

“Dengan journaling aku mengorek lagi tuh luka yang dirasakan. Jadi aku ingat-ingat kembali sebenarnya apa yang pernah kualami, luka apa yang pernah aku rasakan. Kadang nulisnya bisa sampai nangis gitu loh guys. Dan itu wajar karena kita kan sebenarnya lagi mengorek luka kan,” ungkap Wantja.

Tapi jika perasaanmu sangat sulit untuk diatasi sendiri, Wantja sarankan untuk mencari bantuan profesional. “Jadi kalau perasaanmu sangat tidak enak dan berat sampai-sampai sulit untuk melakukan kegiatan seperti makan, mandi, atau berjalan. Mungkin kamu sudah butuh bantuan profesional,” pungkasnya.

Wantja hanya satu dari sekian banyak Superbuddies yang telah diwawancarai BuddyKu. Kalau kalian penasaran dengan informasi lain seputar tarot dari Saira, yuk langsung aja download BuddyKu ya di App Store dan Play Store, Buddies!

Dapatkan akses ribuan berita gratis setiap harinya dan rewards untuk kamu yang bikin content di BuddyKu. Tunggu apalagi, yuk download BuddyKu, Gratis!

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini