Share

Kerap Dipakai untuk Menguntit, Apple AirTag 2 Bakal Rilis?

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 57 2616062 kerap-dipakai-untuk-menguntit-apple-airtag-2-bakal-rilis-DYxrhRvmqh.jpeg Kerap dipakai untuk menguntit, Apple AirTag 2 bakal rilis? (Foto: Gizchina)

JAKARTA - Belakangan ini, Apple AirTag menjadi perbincangan hangat karena kontroversi penguntitan menggunakan perangkat tersebut dan banyak menelan korban.

Seorang analis terkenal, Ming-Chi Kuo, mengatakan bahwa teknologi pelacak yang dimiliki Apple AirTag populer di kalangan konsumen dan berpotensi akan mengeluarkan versi terbarunya apabila Apple dapat mempromosikan dengan baik.

“AirTag belum mendapatkan banyak perhatian, tetapi secara bertahap Apple AirTag mulai diminati oleh para konsumen,” kata Chi Kuo, dikutip dari Trusted Reviews, Rabu (22/6/2022).

Chi Kuo menyampaikan, penjualan Apple AirTag mencapai 20 juta sampai 35 juta unit pada tahun 2021 dan 2022. Jika terus bertumbuh, bukan tidak mungkin Apple akan mengeluarkan generasi ke-2.

Dari perspektif teknologi, AirTag tidak akan hilang. Tetapi, kedepannya diharapkan Apple akan dapat bereksperimen dengan bentuk lain, seperti desainnya atau bahkan meningkatkan fitur anti-penguntit dengan menyertakan pengeras suara supaya para pengguna Apple merasa lebih nyaman.

Apple berusaha mengatasi ketakutan para pengguna produk AirTag dengan pembaruan firmware sejak pelacak AirTag diluncurkan. Hal ini termasuk peringatan yang teratur apabila AirTag dipisahkan dari pemiliknya yang dapat memberi tahu bahwa Apple AirTag tidak dikenal ada pada orang tersebut.

“Saat ini, pengguna iOS yang menerima peringatan pelacakan yang tidak diinginkan dapat memutar suara untuk dapat membantu mereka menemukan AirTag yang tidak dikenal. Pihak Apple akan selalu memperbaharui teknologi yang dimilki oleh Apple AirTag,” ujar Apple dalam sebuah keterangan.

Diharapkan dengan adanya pembaharuan ini, tidak ada lagi kasus yang berkaitan dengan penguntitan dengan menggunakan Apple AirTag.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini