Share

3 Cara Mengaktifkan VPN di Ponsel Android dan Laptop

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 54 2616832 3-cara-mengaktifkan-vpn-di-ponsel-android-dan-laptop-mbBSVlkWJE.jpg 3 cara mengaktifkan VPN di ponsel Android dan laptop (Foto: DroidViews)

JAKARTA - Cara mengaktifkan VPN di ponsel Android dan laptop sangatlah mudah. Virtual Private Network (VPN) merupakan jaringan virtual yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan koneksi dan melindungi data pribadi saat beraktivitas di internet.

Koneksi VPN digunakan untuk membantu mengakses internet dengan lebih aman. Umumnya, untuk mengakses website atau situs yang tidak dapat dibuka dengan mudah, seperti jurnal yang memiliki akses keamanan tingkat.

VPN dapat diaktifkan melalui berbagai perangkat elektronik, baik ponsel Android maupun Laptop. Hanya saja tidak semua orang mengetahui cara mengaktifkan VPN

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan VPN di ponsel Android dan laptop? Dirangkum dari berbagai sumber, lebih jelasnya simak rangkuman berikut ini.

Cara Mengaktifkan VPN di Laptop

Terdapat dua cara mengaktifkan VPN di laptop berlaku untuk sistem operasi (OS) yang digunakan, baik Windows maupun MacOS.

- Cara Mengaktifkan VPN di Windows

Bagi kamu pengguna OS Windows sebelum mengaktifkan VPN, kamu perlu membuat profil VPN di PC terlebih dahulu. Profil tersebut disesuaikan untuk penggunaan pribadi maupun pekerjaan.

Untuk pekerjaan, cari pengaturan VPN atau aplikasi VPN di situs intranet perusahaan. Sementara penggunaan pribadi, dapat mengunjungi Microsoft Store untuk mengecek apakah ada aplikasi untuk layanan tersebut, lalu kunjungi situs web layanan VPN untuk melihat pengaturan koneksi VPN yang tersedia. Cara mengaktifkannya sebagai berikut:

1. Pilih tombol Start, lalu ketik Settings

2. Kemudian, pilih Network & Internet > VPN > Add VPN.

3. Selanjutnya, muncul pop-up untuk pengaturan VPN. Pada kolom 4. Provider VPN, pilih Windows (built-in).

4. Tulis nama koneksi di kolom Connection Name. Nama ini akan menjadi nama koneksi VPN yang akan kamu cari ketika hendak menyambungkan.

5. Sementara dalam kolom Server Name, masukkan alamat untuk server VPN. Copy kemudian paste alamat server VPN yang kamu pilih. Gambar berikut hanya sebagai contoh:

6. Lalu, pilih jenis koneksi VPN yang ingin dibuat dengan mengetahui tipe koneksi VPN yang digunakan oleh perusahaan atau layanan VPN.

7. Pilih jenis sign-in info, berupa username dan password, one-time password, sertifikat, atau smart card. Lalu, pilih username & password, kemudian masukkan nama pengguna dan kata sandi yang disediakan oleh VPN yang dipilih. dan Klik Save.

8. Setelah itu, jika sudah memiliki profil VPN, kamu bisa menyambungkan koneksi dengan membuka Settings, pilih Network & internet > VPN.

9. Di samping koneksi VPN yang ingin digunakan, pilih Connect.

10. Tunggu beberapa saat hingga perangkat berhasil terkoneksi dengan VPN.

- Cara Menggunakan VPN di MacOS

Mengutip situs resmi Apple, sebelum terhubung ke jaringan VPN, kamu harus melakukan pengaturan VPN terlebih dahulu di preferensi jaringan. Caranya sebagai berikut:

1. Terlebih dahulu klik icon menu Apple di kiri atas tampilan layar laptop, kemudian pilih System Preferences, lalu klik Network.

2. Kemudian klik ikon tambah ( + ) di sisi kiri bagian bawah daftar koneksi.

3. Setelah itu, pada kolom Interface, dan pilih VPN.

4. Di kolom VPN Type, pilih jenis koneksi VPN tergantung pada jaringan yang sedang terhubung dengan komputer. Ada beberapa opsi jenis koneksi, di antaranya:

5. L2TP adalah ekstensi Protokol Pembuatan Terusan Poin ke Poin yang digunakan oleh penyedia layanan internet untuk mengaktifkan VPN melalui internet. IPSec adalah kumpulan protokol keamanan. IKEv2 adalah protokol yang mengatur asosiasi keamanan di IPSec.

6. Kemudian beri nama untuk layanan VPN, lalu klik Create. Gambar berikut hanya sebagai contoh:

7. Setelah itu muncul menu pop-up pengaturan VPN. Masukkan alamat server dan nama akun untuk koneksi VPN.

8. Kemudian pada Authentication Settings, pilih jenis informasi otentikasi yang kamu terima dari administrator jaringan. Misalnya pilih password, lalu isi password dan klik OK.

9. Selanjutnya, klik tombol Apply di bagian bawah. Untuk menghubungkan VPN, klik koneksi VPN yang diinginkan lalu pilih Connect.

Cara Mengaktifkan VPN di Android

Selain melalui Laptop, kamu juga bisa mengaktifkan VPN melalui Android. Caranya sangat mudah, sebagai berikut.

1. Pertama, buka Settings di perangkat kamu

2. Kemudian cari menu Network & Internet. Jika tidak ketemu, pilih Other wireless connections.

3. Dan pilih opsi VPN. Kemudian di sisi bawah, klik icon add ( + )

4. Jangan lupa untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan. Kemudian klik Save.

5. Untuk menghubungkan koneksi VPN, buka kembali Settings di perangkat kamu

6. Setelah itu, klik Other wireless connections, pilih VPN

7. Selanjutnya, klik opsi VPN yang akan dihubungkan

8. Masukkan username dan password, klik Connect.

Demikian pembahasan tentang cara mengaktifkan VPN di ponsel Android dan laptop yang perlu diketahui. Semoga bisa membantu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini