Share

Apple Translate Meluncur dan Diuji untuk iOS 16 Beta

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 57 2616732 apple-translate-meluncur-dan-diuji-untuk-ios-16-beta-Koft3Wo4LG.JPG Apple Translate meluncur dan diuji untuk iOS 16 beta (Foto: XDA Developers)

JAKARTA - Apple Translate dilaporkan telah meluncur, kini tengah diuji coba sebagai fitur penerjemah bahasa bagi para pengguna sistem operasi iOS 16 beta.

Dalam Apple WWDC (Worldwide Developers Conference) 2022, fitur Apple Translate memang diperkenalkan sebagai bagian dari iOS 16, iPadOS 16, dan macOS.

Kehadiran Apple Translate ini, sebagai dukungan bahasa tambahan di beberapa negara seperti Turki, Thailand, Vietnam, Polandia, Indonesia, dan Belanda.

Dilansir dari Antara, Kamis (23/6/2022), fitur ini nantinya akan berfungsi sepenuhnya saat pengguna mengaktifkannya. Tidak hanya pada pilihan menu, tetapi juga pada saat pengguna melakukan pencarian dan melakukan aktivitas lainnya.

Pada versi beta pertama dari iOS 16 fitur ini, tidak dimunculkan dan pilihan bahasa dari negara-negara yang disebutkan pun bahkan menghilang.

Namun, dalam pembaruan program beta terbaru, Apple mengembalikan bahasa-bahasa tersebut kecuali untuk bahasa Vietnam yang nampaknya tertinggal.

Beberapa pengguna beta menyampaikan, secara objektif kenyamanan penggunaan Apple Translate masih kurang dibandingkan dengan kompetitornya, yaitu Google Translate.

Kendati demikian, kehadiran fitur ini tetap mendapatkan sambutam yang baik, karena Apple Translate nampaknya memiliki kinerja menerjemahkan yang lebih cepat dibandingkan dengan Google.

Bagaimanapun, Apple Translate masih membutuhkan waktu untuk mengembangkan dan meningkatkan akurasi penerjemahan bahasanya.

Terlepas dari fitur penerjemah, iOS 16 yang diperkaya merupakan sebuah kemajuan positif tidak hanya dari fitur-fiturnya, tetapi juga visualnya.

Terjadi banyak perubahan visual, termasuk "screen lock" yang dirombak dan ditambahkan dukungan widget wallpaper 3 dimensi.

Sistem iOS 16 saat ini masih dalam pengujian beta, dan akan tersedia secara global pada musim gugur 2022 atau pertengahan September.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini