Share

Sejumlah Fakta Fenomena Langka 5 Planet Sejajar pada 24 Juni 2022

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 04:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 56 2617216 sejumlah-fakta-fenomena-langka-5-planet-sejajar-pada-24-juni-2022-trSE5amIrV.jpg Sejumlah fakta fenomena langka 5 planet sejajar pada 24 Juni 2022 (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ada sejumlah fakta mengenai fenomena langka lima planet sejajar pada hari ini, Jumat (24/6/2022), dan mungkin belum diketahui oleh Anda.

Dirangkum dari berbagai sumber, sedikitnya ada lima fakta tentang fenomena astronomi ini, mulai dari terbilang langka hingga pada dasarnya kemunculan planet-planet tidak benar-benar dalam satu garis lurus.

Lantas apa saja fakta terkait fenomena langka lima planet sejajar yang muncul hari ini? Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

1. Momen Langka

Momen lima planet sejajar ini, terbilang fenomena astronomi langka. Diketahui, berlangsung selama 18-19 tahun sekali.

2. Konjungsi Kuitet

Fenomena ini, secara ilmiah disebut sebagai konjungsi kuitet, di mana Merkurius, Venus, Jupiter, dan Saturnus akan tampak sejajar dalam satu waktu.

3. Bisa Dilihat Secara Langsung

Fenomena langka lima planet sejajar ini, bisa dilihat secara langsung selama cuaca cukup cerah, bebas dari polusi cahaya dan medan pandang yang bebas dari penghalang.

Sedangkan, bagi wilayah yang polusi cahayanya nyaris tidak ada (kondisi langit benar-benar bersih), Uranus dapat disaksikan tanpa menggunakan teleskop.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

4. Bersamaan dengan Kemunculan Bulan Sabit

Selain penampakan lima planet sejajar, fenomena astronomi pada hari ini juga bersamaan dengan kemunculan Bulan Sabit.

5. Tidak Berada dalam Satu Garis Lurus

Fenomena ini, memang dikatakan sebagai kesejajaran planet, tetapi sebenarnya kelima planet tidak akan berada dalam satu garis lurus.

Sebab, para ilmuwan menegaskan bahwa planet-planet di Tata Surnya tidak akan pernah bisa berbaris dalam satu garis lurus.

Sejajar yang dimaksud karena kelima planet tampak lurus dalam sudut pandang dari Bumi.

Demikian pembahasan tentang sejumlah fakta fenomena langka lima planet sejajar pada 24 Juni 2022, semoga bermanfaat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini