Share

Mengenal Jupiter yang Muncul dalam Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 56 2617282 mengenal-jupiter-yang-muncul-dalam-fenomena-planet-sejajar-24-juni-2022-b6Hii2ldIp.jpg Mengenal Jupiter yang muncul dalam fenomena planet sejajar 24 Juni 2022 (Foto: NASA)

JAKARTA - Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya, dalam fenomena astronomi langkat planet sejajar pagi tadi, Jumat (24/6/2022), ia ikut muncul.

Dirangkum dari laman EDUSAINSA BRIN (LAPAN), planet ini memilki bintik merah yang memukau siapapun ketika memandangnya baik saat senja atau fajar.

Jupiter dinamai oleh pengamat langit pada era Romawi, karena Jupiter adalah dewa pelindung bagi kerajaan Romawi, di mana mitologi ini dikaitkan dengan mitologi Yunani dengan dewa tertingginya, yakni Zeus.

Planet ini menjadi sangat penting ketika pada tahun 1610, Galileo Galilei mengarahkan teleskopnya dan mengamati empat satelit alami pertama yang mengelilingi Jupiter, menandai penemuan pertama benda langit yang mengelilingi objek selain Bumi.

Para astronom mengenali Jupiter sebagai planet terbesar di tata surya jauh sebelum misi eksplorasi luar angkasa menggunakan wahana antariksa diluncurkan.

Diketahui, Jupiter berdiameter 142.948 km atau hampir 11 kali diameter Bumi, sehingga planet ini mampu menampung 1.321 Bumi.

Kemudian, Massa Jupiter 2,5 kali total massa delapan planet lain termasuk Bumi.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

Atas dasar itu, bikin Jupiter menjadi benda langit paling dominan kedua setelah Matahari.

Jupiter adalah salah satu contoh planet gas raksasa di tata surya. Permukaannya tidaklah padat layaknya Bumi. Inti planet ini tersusun dari batuan kecil yang tertutup dalam cangkang hidrogen metalik dan dikelilingi oleh hidrogen cair.

Hidrogen cair inilah yang diselimuti oleh gas hidrogen dengan rasio antara hidrogen dan helium sebesar 90:10.

Secara keceluruhan, rasio massa hidrogen dan helium pada Jupiter sebesar 73:24. Rasio ini, mirip sekali dengan Matahari (71:27).

Lalu, kerapatan massa Jupiter juga mirip dengan Matahari, di mana planet ini mengandung 1,33 gram setiap sentimeter kubik volumenya, sedangkan Matahari mengandung 1,41 gram.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini