Share

Fenomena Sungai Mendidih di Amazon Awalnya Dianggap Mitos, Ternyata Benaran Ada

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 56 2617457 fenomena-sungai-mendidih-di-amazon-awalnya-dianggap-mitos-ternyata-benaran-ada-Snnp8SwgzY.jpg Fenomena sungai mendidih di Amazon awalnya dianggap mitos, ternyata beneran ada (Foto: The Boiling River Project)

JAKARTA - Fenomena sungai mendidih di pedalaman hutan Amazon ternyata benaran ada, padahal awalnya dianggap hanya sekadar mitos.

Diolah dari Treehugger, Jumat (24/6/2022), Baru-baru ini, ditemukan sebuah sungai panjang dengan suhu sangat panas yang berada di pedalaman hutan Amazon.

Penemuan ini, sempat menjadi perbincangan para ilmuwan atas penyebab terjadinya hawa atau suhu tinggi pada sungai itu. Awalnya, sungai misterius yang sangat mematikan ini hanyalah mitos atau cerita kuno bagi warga sekitar.

Namun, seorang penjelajah muda sekaligus ahli geofisika dan mahasiswa Southern Methodist University berusaha membuktikan hal tersebut.

Akhirnya, sungai ini ditemukan oleh seorang pria bernama Andrés Ruzo di pedalaman Hutan Mayantuyacu, Amazon, Peru. Sebelumnya, Ruzo juga sudah pernah mendengar rumor sungai panas ini dari kakeknya saat Ruzo masih kecil.

Ruzo juga sempat berpendapat, akan membutuhkan waktu dan tenaga yang sangat kuat untuk memanaskan sebuah sungai, tetapi ketika ia melihat langsung sungai tersebut, ia menyadari bahwa sungai ini nyata.

Sungai ini memiliki air yang mendidih, bahkan saking panasnya mampu membunuh makhluk hidup kecil dalam sekejap.

Ternyata, sungai yang membentang sepanjang 6,24 kilometer ini, memiliki suhu yang sangat tinggi, bahkan mencapai 200 derajat Fahrenheit atau setara 93 derajat Celcius.

Selain memiliki suhu yang sangat panas, masyarakat sekitar mempercayai sungai sebagai sumber kekuatan spiritual yang luar biasa.

Sungai ini juga dianggap menjadi tempat tinggal bagi para roh penghuni hutan, dan hanya dukun yang paling kuat saja yang sanggup bisa kesana.

Ruzo sendiri merasa heran, sebab sumber mata air panas biasanya berada di dekat gunung berapi aktif atau sumber magma, namun, sungai di Hutan Mayantuyacu tersebut letaknya sangat jauh, sekitar 643 kilometer dari gunung berapi terdekat.

Hingga kini, penyebab pasti sungai tersebut bisa mendidih masih menjadi misteri. Kendati demikian, Ruzo berhipotesis jika panas air ini dari dalam perut Bumi yang mengalir melalu retakan Bumi menuju sungai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini