Share

Korea Selatan Berhasil Luncurkan Roket Perdananya ke Luar Angkasa

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 56 2617496 korea-selatan-berhasil-luncurkan-roket-perdananya-ke-luar-angkasa-kpVoK2fNgz.jpg Korea Selatan berhasil luncurkan roket perdananya ke Luar Angkasa (Foto: Yonhap News)

JAKARTA - Korea Selatan dilaporkan berhasil meluncurkan roket luar angkasa buatannya sendiri, setelah upaya pertamannya mengaami kegagalan.

Lee Jong-Ho, selaku menteri Sains dan ICT telah mengkonfirmasi keberhasilan peluncuran roket bernama Nuri dan penyebaran satelit ke orbit pada Selasa pekan ini.

Roket tersebut dikabarkan lepas landas dari Pusat Antariksa Naro di Goheung, Provinsi Jeolla Selatan, tepat pukul 4 sore waktu setempat.

Dilansir dari KBS WORLD, Jumat (24/6/2022), Lee mengatakan bahwa hal ini sebagai “momen monumental”, tidak hanya dalam sejarah sains, tetapi juga ilmu pengetahuan Korea Selatan.

Disebutkan, satelit di roker Nuri telah berhasil berkomunikasi dengan stasiun penelitian King Sejong di Antartika sekitar 40 menit.

Apabila seluruh proses sukses, Korea Selatan akan menjadi menjadi negara ketujuh di dunia yang dapat meluncurkan satelit dengan teknologi yang dikembangan di dalam negeri.

Awalnya Korea Selatan dijadwalkan memenuhi tujuan penerbangan roket pada oktober 2021.

Namun, ketika roket menyentuh ketinggian 700 kilometer, roket gagal menempatkan satelit tiruan ke orbit dikarenakan mesin tahap ketiganya terbakar lebih awal dari yang diharapkan.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini