Share

Stiker Angka di Kulit Buah Aman atau Tidak Jika Dimakan?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 56 2617892 stiker-angka-di-kulit-buah-aman-atau-tidak-jika-dimakan-bDYl5W4kvA.jpg Stiker angka di kulit buah aman atau tidak jika dimakan? (Foto: Flickr/Joe Strupek)

JAKARTA - Sering dijumpai buah-buahan di supermarket yang memiliki stiker atau label berupa angka-angka. Stiker ini, memberikan informasi kepada pembeli tentang asal-usul produk tersebut.

Namun, pernahkah Anda tidak sengaja memakan stiker itu bersamaan dengan buahnya? Faktanya stiker tersebut aman dikonsumsi.

Sebuah artikel dari HLN pada 2014 menyatakan bahwa pada umumnya stiker yang menempel di kulit buah dapat dimakan.

Stiker itu, sebenarnya terbuat dari kertas yang dapat dimakan atau bahan food grade lainnya.

Bahkan Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) juga mengatakan lem yang digunakan juga tidak membahayakan.

Meskipun HLN menyebut stiker itu aman dikonsumsi, tetapi lebih disarankan untuk mengupasnya.

Hal ini, demi menghindari kemungkinan buah tertentu yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh. Artinya, belum ada kepastian bahwa semua buah yang memiliki stiker aman untuk dikonsumsi.

Beberapa bahan label mungkin memenuhi persyaratan FDA, tetapi tidak semuanya. Laporan berita pada 2007 pun mengatakan bahwa stiker kertas pada buah meskipun dapat dimakan namun tujuannya bukan untuk itu.

"Kami telah menerima lima atau enam keluhan tentang orang yang memakannya dan satu keluhan orang yang tersedak. Sebagai konsumen tentu harus bertanggung jawab mencuci produk dan membuang bahan asing," jelas pihak FDA, seperti dikutip dari Snopes, Sabtu (25/6/2022).

Stiker yang termakan tanpa disengaja mungkin hanya terjadi dua atau tiga kali. Hal ini tentu tidak akan membunuh atau membahayakan kesehatan.

(amj)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini