Share

Waspada Kejahatan Pretexting, Apa Itu dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Minggu 26 Juni 2022 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 54 2618536 waspada-kejahatan-pretexting-apa-itu-dan-bagaimana-cara-menghindarinya-EmjimmNEWn.jpg Waspada kejahatan pretexting, apa itu dan bagaimana cara menghindarinya? (Foto: NordVPN)

JAKARTA - Pernah mendapatkan telepon dari orang yang tidak dikenal mengaku sebagai pegawai bank yang ingin memberikan hadiah? Waspadalah, mungkin ini modus pretexting.

Sebenarnya, apa itu pretexting?

Dilansir dari akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Minggu (26/6/2022), pretexting merupakan upaya mengelabui seseorang untuk mendapatkan data pribadi.

Biasanya dalam modus kejahatan ini, pelaku akan membuat skenario yang meyakinkan para korbannya. Tujuannya agar para korban bersedia untuk memberikan data mereka kepada pelaku.

Lantas, bagaimana cara agar terhindar dari modus kejahatan seperti ini?

Cara Agar Terhindar dari Modus Kejahatan Pretexting

Ada cara-cara agar terhindar dari pretexting yang dapat dilakukan, supaya hal ini bisa dihindari. Selengkapnya di bawah ini:

1. Harus fokus dan jangan mudah percaya saat ada pihak-pihak yang mengatasnamakan perusahaan atau instansi-instasi tertentu.

2. Jangan asal memberikan data pribadi kepada orang lain.

3. Jangan lupa mencatat nomornya, lalu informasikan kepada pihak resmi apabila mengalami atau mencurigai adanya modus kejahatan pretexting.

Demikian pembahasan mengenai apa itu pretexting dan bagaimana cara menghindarinya, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini