Share

Peneliti Temukan Tumbuhan Karnivora Langka di Himalaya untuk Pertama Kalinya

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Minggu 26 Juni 2022 19:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 56 2618579 peneliti-temukan-tumbuhan-karnivora-langka-di-himalaya-untuk-pertama-kalinya-otVtuoi5ls.jpg Peneliti temukan tumbuhan karnivora langka di Himalaya untuk pertama kalinya (Foto: The Hans India)

JAKARTA - Sekelompok peneliti dilaporkan berhasil menemukan spesies tumbuhan karnivora yang sangat langka, yakni bernama Utricularia Furcellata di wilayah Himalaya barat.

Pendeteksian spesies langka itu, dilakukan oleh tim peneliti dari Departemen Kehutanan Uttarakhand, Range Officer Harish Negi dan Junior Research Fellow Manoj Singh, India.

Penemuan tumbuhan itu, sangat membanggakan bagi departemen kehutanan Uttarakhand. Pasalnya, ini adalah penemuan pertama yang diterbitkan dalam jurnal bergengsi, yaitu Journal of Japanese Botany.

"Ini adalah penampakan pertama tumbuhan itu tidak hanya di Uttarakhand tetapi di seluruh wilayah Himalaya barat," kata Kepala Konservator (Penelitian) Hutan Sanjiv Chaturvedi, dikutip dari Financial Express, Minggu (26/6/2022).

Penemuan ini, merupakan bagian dari studi proyek tumbuhanpemakan serangga di Uttarakhand.

Chaturvedi mengatakan, tumbuhan karnivora ini termasuk dalam genus yang umumnya dikenal sebagai bladderworts.

β€œIni menggunakan salah satu struktur tanaman yang paling canggih dan berkembang untuk perangkap dan target berkisar dari protozoa hingga serangga, jentik nyamuk, dan bahkan berudu muda,” ujarnya.

Pengoperasiannya didasarkan pada proses mekanis dengan menciptakan ruang hampa atau tekanan negatif, untuk menarik mangsa ke dalam perangkap.

Tumbuhan karnivora memang banyak ditemukan di air tawar dan tanah basah. Mereka memiliki cara yang sangat berbeda dalam mengatur makanan dan nutrisi melalui mekanisme perangkap cerdas, dibandingkan dengan mode fotosintesis tanaman normal.

(amj)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini