Share

Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA Lihat Black Hole Bergerak

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 56 2618839 teleskop-luar-angkasa-hubble-nasa-lihat-black-hole-bergerak-DpniicCfxJ.JPG Teleskop luar angkasa Hubble NASA lihat black hole bergerak (Foto: Space)

JAKARTA - Teleskop luar angkasa Hubble miliki NASA dilaporkan untuk pertama kalinya mengidentifikasi sesuatu yang mungkin merupakan black hole atau lubang hitam, dan ia bergerak.

Para astronom memperkirakan, jarak black hole tersebut berada sekitar 5.000 tahun cahaya dan bergerak antara 67.000 dan 100.000 mil per jam.

“Terkait penemuan ini, kami konsisten dengan perhitungan teoretis yang menunjukkan bahwa seharusnya ada sekitar 100 juta lubang hitam di galaxi kita,” kata astronom di Space Telescope Science Institute Kailash Sahu, dikutip dari Smithsonian Magazine, Senin (27/6/2022).

Dia mengatakan, lubang hitam tersebut mengikuti distribusi yang sama seperti bintang. Secara statistik, lubang hitam terdekat tersebut mungkin berjarak sekitar 80 tahun cahaya.

Kendati demikian, di lain sisi objek misterius itu mungkin bukan lubang hitam.

Dua tim yang terdiri dari University of California, Berkeley dan Space Telescope Science Institute di Baltimore menganalisis data Hubble dan keduanya menemukan objek yang sama.

Tim Berkeley berpendapat, kemungkinan itu bukan black hole, tetapi bintang neutron. Meski begitu, terlepas dari apakah ia lubang hitam atau bukan, penemuan itu tetap penting.

“Ini lubang hitam atau bintang neutron yang mengambang bebas, penemuan ini tetap penting. Karena ini pertama kali ditemukan dengan pelensaan mikro gravitasi,” ujar Jessica Lu dari tim Berkeley.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini