Share

Mengenal 12 Nama Tradisional Bulan, dari Wolf Moon hingga Cold Moon

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 56 2619426 mengenal-12-nama-tradisional-bulan-dari-wolf-moon-hingga-cold-moon-jqw84sjgJT.JPG Mengenal 12 nama tradisional Bulan, dari Wolf Moon hingga Cold Moon (Foto: Edusainsa BRIN)

JAKARTA - Bulan merupakan benda langit yang dapat dilihat pada malam hari. Diketahui, ada 12 nama dari satelit Bumi ini dan Jurnal The Farmer’s Alamanc telah menjabarkan lebih detail.

Dilansir dari Britannica, Selasa (28/6/2022), The Farmer’s Almanac merupakan jurnal tahunan asal Amerika Serikat. Jurnal ini berisikan ramalan cuaca, jadwal tahunan, tabel astronomi, pengetahuan astrologi, dan sebagainya yang diterbitkan oleh Roberr B. Thomas pada 1792.

The Farmer’s Almanac meyakini bahwa Bulan memiliki nama-namanya sendiri. Berikut nama-nama bulan versi The Farmer’s Almanac yang perlu diketahui.

1. Bulan Serigala (Wolf Moon)

Purnama pada bulan Januari disebut dengan Bulan Serigala. Hal ini merujuk pada puncak musim dingin dimana para penduduk asli Amerika berdiam di rumah dan para serigala melolong kelaparan di luar perkampungan.

2. Bulan Salju (Snow Moon)

Bulan salku atau purnama di bulan Februari merujuk pada sulitnya penduduk asli Amerika mencari makan pada bulan ini dikarenakan salju turun dengan sangat lebat dan menyebabkan kelaparan, maka dari itu dinamai bulan salju.

3. Bulan Cacing Tanah (Worm Moon)

Dinamai Bulan Cacing Tanah dikarenakan pada bulan Maret ditandai sebagai awal musim semi dan para cacing tanah muncul ke permukaan.

4. Bulan Merah Jambu (Pink Moon)

Bulan Merah Jambu ditandai sebagai purnama pada bulan April. Penamaan ini merujuk pada munculnya bunga Phlox berwarna merh jambu sebagai bunga pertama yang bersemi di musim semi.

5. Bulan Bunga (Flower Moon)

Diberikan nama bulan Bunga dikarenakan berseminya seluruh bunga di pekarangan rumah penduduk asli Amerika. Bulan bunga adalah penamaan purnama pada bulan Mei.

6. Bulan Stroberi (Strawberry Moon)

Bulan Stroberi atau bulan purnama Juni ini merujuk pada buah stroberi yang dapat dipanen pada bulan ini dikarenakan bulan Juni merupakan puncak dari musim panas.

7. Bulan Kijang (Buck Moon)

Penamaan dari bulan ini merujuk pada tumbuhnya tanduk pada hewan kijang yang masih muda. Bulan kijang merupakan penamaan bulan purnama pada bulan Juli.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

8. Bulan Sturgeon (Sturgeon Moon)

Dinamai bulan Sturgeon dikarenkan pada bulan ini, penduduk asli amerika dapat melihat ikan sturgeon di perairan Great Lakes dan Danau Champlain di Amerika Serikat. Biasanya ini terjadi di bulan Agustus.

9. Bulan Jagung (Corn Moon)

Bulan Jagung disebut juga purnama pada bulan September merujuk pada pemanenan jagung di awal musim gugur.

10. Bulan Pemburu (Hunter’s Moon)

Pada Bulan Pemburu ini, penduduk asli Amerika akan melakukan pemburuan guna menyimpan cadangan makanan untuk menghadapi musim dingin. Bulan ini juga dikenal dengam istilah Purnama Oktober.

11. Bulan Berang-berang (Beaver Moon)

Bulan ini digunakan para penduduk asli Amerika untuk menangkap berang-berang guna memperoleh bulunya sebagai bahan untuk pakaian yang dapat menghangatkan mereka. Bulan ini disebut Purnama pada bulan November.

12. Bulan Dingin (Cold Moon)

Seperti yang diketahui, bahwa desember menjadi bulan berhawa dingin bagi daratan Amerika. maka bulan ini dinamai juga dengan Purnama Desember.

Inilah 12 nama bulan menurut The Farmer’s Almanac, semoga bisa menambah pengetahuan lebih mengenai fakta dan nama-nama bulan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini