Share

Mumi Bayi Mammoth Berusia 30.000 Tahun Ditemukan, Kondisinya Nyaris Utuh

Tangguh Yudha, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 56 2619802 mumi-bayi-mammoth-berusia-30-000-tahun-ditemukan-kondisinya-nyaris-utuh-wCSKSvRDgY.jpg Mumi bayi mammoth berusia 30.000 tahun ditemukan, kondisinya nyaris utuh (Foto: Yukon Goverment)

JAKARTA - Seorang penambang emas menemukan mumi bayi mammoth berusia lebih dari 30.000 tahun di Wilayah Tradisional Trʼondëk Hwëchʼin di Yukon, Kanada.

Dilansir dari Science Alert, Rabu (28/6/2022), kondisi mumi bayi mammoth ini nyaris utuh. Kini ia diberi nama Nun Cho, di mana merupakan mumi mammoth paling lengkap yang ditemukan di Amerika Utara.

Dugaan sementara, Nun Cho meninggal dan membeku di lapisan es sejak zaman es.

Sekarang, mammoth Nun Cho diteliti oleh ahli paleontologi dari pemeriny Yukon, Grant Zazula.

Zazula dan timnya meyakini bahwa Nun Cho meninggal saat menjelajahi wilayah Yukon bersama kuda liar, singa gua, dan bison stepa raksasa.

"Bayi mammoth ini mungkin sedang bersama ibunya saat itu, tetapi ia berjalan terlalu jauh dan terjebak di lumpur. Temuan mumi bayi mammoth oleh penambang telah membuat penemuan paling penting dalam paleontologi di Amerika Utara," kata Zazula.

Profesor Dan Shugar, dari Universitas Calgary, bagian dari tim yang menggali mammoth Nun Cho, mengatakan bahwa penemuan ini adalah hal ilmiah paling menarik yang pernah ia ikuti.

Dia menggambarkan betapa sempurnanya mammoth telah diawetkan oleh es.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

Mammoth masih memiliki kuku kaki, kulit, rambut, belalai, dan bahkan usus yang utuh, dengan makanan terakhir dari rumput masih ada.

Meskipun wilayah Yukon sendiri memang banyak menyimpan fosil zaman es, tetapi temuan ini sangat jarang, di mana kondisi fosil masih terpelihara dengan baik.

"Sebagai ahli paleontologi zaman es, telah menjadi salah satu impian seumur hidup saya untuk bertatap muka dengan mamut berbulu nyata. Mimpi itu menjadi kenyataan hari ini. Nun cho yang cantik ini menjadi salah satu mumi hewan zaman es paling luar biasa yang pernah ditemukan di dunia," ungkapnya.

Untuk diketahui, mammoth berbulu yang memiliki ukuran sebesar gajah Afrika berkeliaran di Bumi sampai sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Manusia purba, memburu mereka untuk makanan dan menggunakan tulang dan gading mammoth untuk seni, peralatan, dan tempat tinggal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini