Share

Google Resmi Suntik Mati Hangout dan Sediakan Penggantinya

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Selasa 28 Juni 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 57 2619628 google-resmi-suntik-mati-hangout-dan-sediakan-penggantinya-p6ASdw9IjU.jpg Google resmi suntik mati Hangout dan sediakan penggantinya (Foto: Cloudseller)

JAKARTA - Google telah mengonfirmasi bahwa aplikasi Hangout resmi disuntik mati mulai November 2022 mendatang. Sebagai gantinya, raksasa teknologi ini menyediakan "Google Chat" dengan fitur yang lebih lengkap.

Dilansir dari Digital Trends, Selasa (28/6/2022), setelah diluncurkannya Google Workspace, perusahaan melihat peluang bahwa Google Chat dapat menawarkan lebih banyak fitur.

Diketahui, Google telah menghapus para pengguna Hangout yang ada di dalam workspace secara bertahap mulai bulan Februari 2022 silam, dan menghimbau para penggunanya untuk beralih ke Google Chat pada November tahun ini.

Fitur dari Google Chat memiliki banyak kelebihan, di antaranya memberikan kemudahan dalam mengakses Google Meet, sebuah produk keluaran Google yang menawarkan layanan konferensi Video, Google Space untuk mengakses Google Drive ataupun Gmail.

Lantas, mengapa Google menginginkan perubahan, dan apa yang melatarbelakangi perubahan ini?

Google terkenal dengan ketidakjelasannya terkait aplikasi yang diluncurkan terlebih pada model aplikasi perpesanan.

Seringkali, ketika Google meluncurkan satu produk aplikasi chat, produk tersebut harus bersaing dengan aplikasi besutan mereka sendiri yang sudah lebih dulu diluncurkan.

Hal tersebut, tampak jelas ketika Google memensiunkan Google Talk, Duo, dan Hangout. Pasalnya, fungsi dari ketiga aplikasi hampir mirip, dan dapat memunculkan kebingugan pengguna Google.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini