Share

4 Cara Atasi Sering Force Close saat Buka Aplikasi

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 57 2619961 4-cara-atasi-sering-force-close-saat-buka-aplikasi-PrLDcaVhzL.jpg 4 cara atasi sering force close saat buka aplikasi (Foto: JoyofAndroid)

JAKARTA - Anda mungkin sering mengalami force close saat membuka suatu aplikasi atau game. Istilah ini bisa dimaknai sebagai sistem yang digunakan tidak berjalan dengan semestinya.

Diolah dari akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rabu (29/6/2022), ketika force terjadi biasanya ada keterangan “Unfortunately, Force Closes has Stopped?"

Penyebabnya, bisa jadi karena ada masalah pada perangkat yang sedang Anda gunakan. Terutama, pada komponen RAM, memori internal, kondisi perangkat yang overheat atau terlalu panas, terdapat bug atau cacat pada aplikasi, file corrupt dan hal lainnya.

Jika masalah force close ini sudah mulai meresahkan dan kinerja perangkat jadi tidak optimal, lantas bagaimana cara mengatasinya?

Tidak perlu panik, berikut adalah emapat cara untuk mengatasi force close:

1. Hapus file yang tidak diperlukan

Agar tidak mengalami force close, pengguna perangkat diharuskan untuk menghapus file cache dari semua aplikasi.

2. Hapus Aplikasi

Jika memang tidak memiliki cache, sebaiknya periksa aplikasi apa saja yang sudah tidak terpakai. Hal ini, akan mengurangi beban dari RAM dan penyimpanannya.

3. Instal ulang Aplikasi

Sebaiknya, apabila tetap memerlukan aplikasi-aplikasi yang dimiliki, cobalah untuk menginstal ulang aplikasi yang Anda miliki.

4. Update OS

Jangan lupa untuk terus diperhatikan dan mengupdate OS pada perangkat yang dimiliki.

Demikian pembahasan tentang empat cara mengatasi force close saat buka aplikasi. Semoga bisa membantu.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini