Share

5 Kejadian Nahas Gunakan Ponsel di SPBU, Ada yang sampai Penggunanya Terbakar

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 57 2620313 5-kejadian-nahas-gunakan-ponsel-di-spbu-ada-yang-sampai-penggunanya-terbakar-BV0j9aIR8Z.jpg 5 kejadian nahas gunakan ponsel di SPBU, ada yang sampai penggunanya terbakar (Foto: Okezone/Avirista)

JAKARTA - Terdapat lima kejadian nahas saat menggunakan ponsel di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Uumum (SPBU), bahkan ada yang sampai penggunanya terbakar.

Dirangkum dari pemberitaan Okezone sebelumnya, kelima kejadian nahas gunakan ponsel di SPBU yang berakhir kebakaran ini, dimulai dari kasus pada 2013 silam hingga 2021.

Berikut daftrar lima kejadian nahas gunakan ponsel di SPBU, ada yang sampai penggunanya terbakar.

1. Petugas Main HP, SPBU Nyaris Terbakar di Medan

Jika Anda terbiasa menggunakan ponsel, kamera, atau alat-alat elektronik lain saat berada di SPBU, sepertinya Anda harus menghentikan kebiasaan itu. Pasalnya listrik statis yang distimulus dari alat elektronik dapat memicu kebakaran yang membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Seperti yang terjadi di SPBU Jalan Mandala By Pass Medan siang tadi. Akibat salah seorang petugas bermain ponsel di sekitar areal SPBU, api sempat muncul dan nyaris menimbulkan ledakan.

Baca selengkapnya.

2. Viral! Motor Terbakar di SPBU, Netizen: Dia Naro HP di Bagasi Bawah Jok

Video seunit motor bebek tengah terbakar di SPBU ramai diperbincangkan netizen. Video berdurasi 23 detik itu viral, setelah diunggah oleh akun Facebook Nia Rahmah, beberapa waktu lalu. Hingga hari ini, Sabtu (9/12/2017), video tersebut sudah ditoton hampir 8,4 juta kali.

Informasi yang didapat, insiden motor terbakar itu terjadi di salah satu SBPU di kawasan Palmerah, Jakarta Barat. Terbakarnya motor tersebut diduga karena adanya HP di bagasi di bawah jok.

Baca selengkapnya.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

3. Kebakaran SPBU di Cipayung, Pengendara Wajib Ingat Tiga Larangan Ini

Kasus dugaan penggunaan ponsel sebagai pemicu kejadian kebakaran SPBU di Cipayung, Jakarta Timur kembali memunculkan sorotan pada pengguna kendaraan bermotor. Terlebih, pada kebiasaan untuk mengacuhkan peraturan keselamatan saat tengah mengisi bahan bakar, termasuk larangan menggunakan ponsel.

Fenomena penggunaan ponsel di SPBU terlihat lumrah ditemukan pada pengguna kendaraan bermotor. Meski, akibatnya dapat berujung pada kerugian yang cukup besar. "Tidak seharusnya pengemudi mobil atau pemotor hanya menaati larangan ketika ada pengawasan pihak berwenang," ujar Direktur Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu.

Baca selengkapnya.

4. Kebakaran SPBU di Riau Diduga karena HP, 1 Orang Alami Luka Bakar

Polresta Pekanbaru, Riau sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran yang terjadi di sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Ababil Kecamatan Sukajadi. Hasil penyelidikan penyebab kebakaran di SPBU tersebut disebabkan oleh radiasi handpone (HP).

"Diduga api berasal dari frekuensi HP yang berbunyi dari dalam mobil yang sedang melakukan pengisian BBM sehingga menimbulkan percikan api yang menyebabkan kebakaran," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang Mu'min Wijaya, Sabtu (2/1/2021).

Baca selengkapnya.

5. Main Handphone saat Mengisi Bensin, Mobil Carry Terbakar

Sebuah video pendek mobil Carry Nopol BG 2993 MA terbakar saat mengisi bensin di SPBU viral di media sosial, Rabu (10/2/2021). peristiwa itu terjadi di SPBU Desa Teluk Kijing III, Kecamatan Lais, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (9/2/2021), sekitar pukul 18.30 WIB. Hingga mengakibatkan tiga orang mengalami luka bakar.

Kapolres Musi Banyuasin AKBP Erlintang Jaya saat dikonfirmasi, mengatakan dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran mobil tersebut dikarenakan ada yang memainkan handphone saat mengisi bensin sehingga langsung menyambar.

Baca selengkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini