Share

Hacker Bobol AMD dengan Cara Sederhana, 450 GB Data Perusahaan Dicuri

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 54 2620914 hacker-bobol-amd-dengan-cara-sederhana-450-gb-data-perusahaan-dicuri-W8jZJcP3ja.jpg Hacker bobol AMD dengan cara sederhana, 450 GB data perusahaan dicuri (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kelompok peretas (hacker) dilaporkan berhasil membobol sistem keamanan perusahaan pembuat chip global, AMD. Sebanyak 450 GB data perusahaan telah dicuri.

Dikutip dari Gizmodo, Kamis (30/6/2022), kelompok hacker yang menamai dirinya sebagai RansomHouse itu, berhasil mendobrak data perusahaan AMD dengan cara sederhana.

Menurut laporan, mereka melakukannya hanya dengan menebak kata sandi karyawan.

RansomHouse sendiri menyebutkan, kata sandi yang digunakan para karyawan AMD sangat tidak berguna.

Bahkan, Kelompok hacker itu pun meledek apa yang dilakukan perusahaan sekelas AMD sangat memalukan.

"Teknologi semakin canggih tetapi sepertinya itu tidak berarti apa-apa ketika raksasa teknologi seperti AMD menggunakan kata sandi sederhana untuk melindungi jaringan mereka dari intrusi," kata RansomHouse.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

Kemudian, RansomHouse mengaku telah memiliki banyak sekali data AMD. Sekarang, mereka berencana untuk menyebarkan data penting yang dicuri ke beberapa forum hacker.

Kendati demikian, tidak jelas data seperti apa yang berhasil dicuri oleh RansomHouse.

Namun. tampaknya data tidak jauh dari file jaringan, data terkait informasi sistem, serta kata sandi AMD.

AMD sendiri mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan penyelidikan lebih mendalam. Tetapi, belum diketahui langkah apa yang dilakukan AMD untuk mengembalikan data-datanya yang dicuri.

Sebagai informasi, RansomHouse adalah kelompok hacker baru yang muncul menjelang akhir tahun 2021. Meskipun menggunakan nama ransome, kelompok ini kerap menggunakan malware saat melancarkan aksinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini