Share

Mengenal Fenomena Embun Upas yang Kerap Muncul di Dieng

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 56 2620965 mengenal-fenomena-embun-upas-yang-kerap-muncul-di-dieng-MpyTkOULFv.jpg Mengenal fenomena embun upas yang kerap muncul di Dieng (Foto: Instagram/@adt_wb)

JAKARTA - Fenomena embun upas kerap muncul di Dieng, Jawa Tengah, misalnya di kawasan Candi Arjuna di Kabupaten Banjarnegara. Lantas, apa sebenarnya kejadian tersebut?

Diolah dari laman BMKG, Kamis (30/6/2022), Embun upas atau bun upas menurut penduduk Dieng adalah Embun Racun, fenomena ini ketika suhu menjadi sejuk, lantas turunlah embun-embun yang dingin dan membeku.

Kepala Data dan Informasi BMKG Ahmad Yani Semarang, Iis Widya Harmoko mengatakan, embun inilah yang menyelimuti tanaman kentang.

"Dinamai upas karena memang efeknya membuat kentang mati tersiakan," ujar Iis.

Dia menjelaskan, beberapa faktor yang berperan terbentuknya embun beku yang didahului suhu dingin ekstrem di Dieng, antara lain gerak semu matahari, intrusi suhu dingin, dan laju penurunan suhu terhadap ketinggian.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa fenomena embun es atau embun beku di dataran tinggi Dieng , Banjarnegara, Jawa Tengah kembali muncul.

Suhu udara kali ini cukup ekstrem hingga mencapai minus 1 derajat celcius. Embun es muncul di area Wisata Komplek Candi Arjuna. Embun es muncul pada Kamis (30/6/2022) pagi di dataran tinggi Dieng.

Fenomena embun es kali ini kembali muncul dengan ketebalan mencapai setengah centimemer. Embun es muncul di rerumputan dan dedaunan di Komplek Candi Arjuna serta sejumlah failitas umum obyek wisata Dieng.

Fenomena ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya pada Januari 2022 embun es muncul akibat anomali cuaca yang cukup ekstrem.

Uniknya kemunculan embun es hanya ada di sekitar Komplek Candi Arjuna. Embun es ini muncul mulai jam 03.00 dini hari hingga pukul 06.00 pagi.

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini