Share

Harga Chipset Naik, Tahun 2023 Smartphone Murah Sulit Dicari

Tangguh Yudha, Jurnalis · Kamis 30 Juni 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 57 2620985 harga-chipset-naik-tahun-2023-smartphone-murah-sulit-dicari-6cSUoGKx8b.jpeg Harga chipset naik, tahun 2023 smartphone murah sulit dicari (Foto: Pexels)

JAKARTA - Harga sebagian besar chipset dilaporkan bakal mengalami kenaikan mulai Januari 2023. Perakit chipset global, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), berencana menaikkan harganya hingga enam persen.

Disadur dari Gizchina, Kamis (30/6/2022), sejumlah pihak memprediksi bahwa imbas dari kenaikan harga ini akan dirasakan langsung oleh masyarakat dunia.

BACA JUGA:Meta Berlakukan Larangan Postingan Terkait Pil Aborsi di Facebook dan InstagramSalah satu yang paling dirasakan, yakni para konsumen akan kesulitan untuk mencari smartphone murah.

Kenaikan harga ongkos rakit chipset oleh TSMC sendiri dipengaruhi oleh naiknya biaya listrik, biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan masih banyak lagi.

Dengan sejumlah kenaikan ini, perusahaan pun tidak bisa membendung ongkos produksi, sehingga terpaksa menaikan harga produk yang ditawarkan.

Meski demikian, hingga akhir tahun 2022 ini pesanan chipset TSMC masih belum mengalami pengurangan. Pesanan pelanggan masih akan mencapai lebih dari 95 persen dari kapasitas produksi.

Perusahaan pun masih akan menambah kapasitas produksi chipset hingga akhir tahun ini. Tetapi, belum diketahui apa yang akan terjadi pada TSMC di awal 2023 jika harga benar-benar naik.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

Mungkin kapasitas produksi untuk dua tahun ke depan akan lebih rendah dari yang diharapkan.

Bagaimanapun, akan ada penundaan dalam pemasangan peralatan, dan berdampak pada kelangkaan smartphone.

Untuk diketahui, saat ini beberapa pembuat chip utama di industri mengandalkan manufaktur TSMC. MediaTek saat ini menggunakan chip TSMC untuk jajaran Dimensity dan Helio-nya.

Qualcomm juga mengandalkan TSMC untuk chipset Snapdragon 8+ Gen 1 SoC. Snapdragon 8 Gen 2 juga akan menggunakan proses TSMC dan chipset 3 nm TSMC juga kemungkinan akan terdampak.

Sepertinya, bakal sulit untuk menemukan smartphone dengan chipset 3 nm hingga tahun 2024. TSMC tampaknya akan semakin mengundur peluncuran chipset yang digadang-gadang akan memiliki performa tercepat itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini