Share

Cara Aktifkan Fitur Pesan Sementara WhatsApp dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 54 2622137 cara-aktifkan-fitur-pesan-sementara-whatsapp-dan-hal-yang-perlu-diperhatikan-RXoZioepjs.jpg Cara aktifkan fitur pesan sementara WhatsApp dan hal yang perlu diperhatikan (Foto: WhatsApp)

JAKARTA - WhatsApp diketahui punya fitur pesan sementara yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna di seluruh dunia. Sebelum mengaktifkannya, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari Pusat Bantuan WhatsApp, Sabtu (2/7/2022), fitur pesan sementara ini memungkinkan penggunanya mendapatkan privasi yang lebih.

Fitur ini, berfungsi untuk mengatur agar pesan menghilang dengan tiga pilihan, yaitu 24 jam, 7 hari, atau 90 hari yang bisa dipilih oleh pengguna.

Layanan pesan sementara ini, tersedia bagi peserta di grup maupun individual. Tetapi, apabila dalam grup terdapat admin, maka adminlah yang berhak menentukan apakah dapat menyalakan atau mematikan fitur tersebut.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengguna ketika memutuskan untuk menggunakan fitur pesan sementara ini.

1. Apabila pengguna tidak membuka WhatsApp selama periode waktu yang telah dipilih, pesan tersebut akan menghilang dari chat. Namun, pratinjau pesan mungkin akan ditampilkan dinotifikasi sampai WhatsApp dibuka.

2. Jika membalas pesan, pesan orisinil akan dikutip, tetapi apabila pesan tersebut adalah pesan sementara, chat tetap ada sesuai dengan durasi yang telah dipilih.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

3. Jika pesan sementara diteruskan ke chat yang tidak menggunakannya, pesan tersebut akan tetap diterima.

4. Apabila pengguna WhatsApp membuat cadangan pesan, fitur pesan sementara akan disertakan dalam cadangan namun bisa terhapus apabila pengguna memulihkan dari cadangan.

Lantas, bagaimana cara untuk mengaktifkan fitur pesan sementara? dan apakah bisa mengirim media dalam pesan sementara? Berikut cara yang berlaku baik pengguna iOS atau Android.

- Buka pengaturan WhatsApp

- Pilih akun

- Pilih Privasi

- Pilih timer pesan default

- Tentukan durasi yang diinginkan

Informasi tambahan, bagi pengguna yang mengaktifkan pesan sementara, media yang dikirimkan akan otomatis menghilang.

Namun, media dapat disimpan di telepon jika setelan unduh otomatis dinyalakan. Guna mematikan unduh otomatis, bisa dilakukan dengan pilih setelan WhatsApp lalu atur di penyimpanan dan data.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini