Share

Apple Gagal Buat Chipset 5G Sendiri, Apa Penyebabnya?

Tangguh Yudha, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 57 2622127 apple-gagal-buat-chipset-5g-sendiri-apa-penyebabnya-ha5Rh7x7pc.jpg Apple gagal buat chipset 5G sendiri, apa penyebabnya? (Foto: MacRumors)

JAKARTA - Apple telah mencoba mengembangkan chipset 5G sendiri dalam beberapa tahun terakhir. Tujuannya, demi mengurangi ketergantungan pada pemasok pihak ketiga.

Dilansir dari Gizmochina, Sabtu (2/7/2022), tetapi kabar terbaru menyebut bahwa raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu gagal melahirkan chipset 5G buatan sendiri.

Kendati demikian, Apple dilaporkan masih terus berusaha menciptakan chipset 5G yang nantinya akan disematkan di perangkat iPhone.

Mimpi Apple untuk menghadirkan chipset 5G sendiri, masih belum bisa terwujud, tampaknya chipset tidak akan hadir dalam waktu dekat.

Analis kenamaan untuk produk Apple, Ming Chi-Kuo, mengatakan bahwa Apple telah gagal membuat chipset 5G karena dinilai belum mumpuni untuk menciptakannya.

Atas dasar itu, ia menambahkan, Qualcomm masih akan tetap menjadi pemasok eksklusif chipset 5G iPhone.

Apple rencananya hanya akan membiarkan Qualcomm memasok 20 persen chip modem 5G untuk model iPhone 2023, tetapi mengingat Apple gagal menciptakan komponen inti ini, perusahaan semikonduktor itu pun dipastikan memasok 100 persen chip.

Apple akan terus bekerja untuk membuat modem 5G sendiri. Akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencapai tujuan dan memiliki hasil yang memuaskan bagi perusahaan untuk dapat menggunakan chip pada iPhone serta perangkat lain dari Apple.

Apple sendiri, sebenarnya telah mengakuisisi bisnis chip modem Intel pada tahun 2019 dan telah berupaya membuat chip sendiri untuk menjauh dari Qualcomm.

Namun, upaya tersebut masih belum membuahkan hasil hingga saat ini.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini