Share

Simpan Banyak Misteri, Seperempat Dasar Laut Berhasil Dipetakan

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 56 2623003 simpan-banyak-misteri-seperempat-dasar-laut-berhasil-dipetakan-Z0V0iPw1zU.JPG Simpan banyak misteri, seperempat dasar laut berhasil dipetakan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Dasar laut di samudra masih menyimpan banyak misteri karena sulit untuk dijelajah oleh manusia. Tetapi setidaknya saat ini hampir seperempat atau 23,4 persennya berhasil dipetakan.

Dilansir dari Engadget, Senin (4/7/2022), hal ini terwujud berkat inisiatif internasional yang disebut Seabed 2030, yang melibatkan sukarelawan, pemerintah, perusahaan, dan lembaga penelitian.

Seabed 2030 merupakan proyek bersama yang diprakarsai oleh PBB. Proyek ini, diharapkan dapat memetakan 100 persen dasar laut sesuai dengan mamanya, yakni pada tahun 2030.

Para peneliti pun optimis, proyek ini akan benar-benar rampung pada tahun 2030 nantu, mengingat selama setahun terakhir saja, Seabed 2030 telah memetakan dasar laut sekitar 3,8 juta mil persegi atau seukuran Eropa.

Mereka percaya, mengumpulkan lebih banyak data batimetri akan membantu lebih jauh pemahaman manusia tentang perubahan iklim dan upaya pelestarian laut.

Pemetaan dasar laut juga diharapkan dapat membantu dalam mendeteksi tsunami dan bencana alam lainnya.

"Peta lengkap dasar laut adalah alat yang hilang yang akan memungkinkan kita untuk mengatasi beberapa tantangan lingkungan yang paling mendesak di zaman kita, termasuk perubahan iklim dan polusi laut. Ini akan memungkinkan kita untuk menjaga masa depan planet ini,” kata Mitsuyuki Unno, direktur eksekutif The Nippon Foundation.

Seabed 2030 sendiri, sangat bergantung pada kontribusi dari pemerintah dan perusahaan, meskipun beberapa dari mereka masih menutup-nutupi informasi karena menyangkut rahasia nasional atau perdagangan.

Semua data yang dikumpulkan oleh Seabed 2030 akan tersedia untuk publik secara online di jaringan global GEBCO (General Bathymetric Chart of the Oceans).

Tentunya, hal ini merupakan langkah besar bagi masyarakat dunia untuk mendapatkan pengetahuan baru..

Diketahui, sebelumnya sangat sulit mencari informasi tentang pemetaan dasar laut.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 saja sangat sulit dicari karena jatuh di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini