Share

Pertama dalam Sejarah, Peluncuran Satelit di Malam Hari Berhasil Dilakukan

Tangguh Yudha, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 56 2623039 pertama-dalam-sejarah-peluncuran-satelit-di-malam-hari-berhasil-dilakukan-3eoaLfTrjn.jpeg Pertama dalam sejarah, peluncuran satelit di malam hari berhasil dilakukan (Foto: Virgin Orbit/Dae Dae)

JAKARTA - Perusahaan penyedia jasa peluncuran satelit, Virgin Orbit, berhasil meluncurkan roket yang membawa tujuh satelit dari pangkalan udara Mojave, California, pada Sabtu dini hari pukul 01:49 waktu setempat.

Dilansir dari The Verge, Senin (4/7/2022), ini merupakan misi peluncuran roket pembawa satelit pertama yang dilakukan pada malam hari bagi perusahaan.

Virgin Orbit membawa satelit ke orbit rendah Bumi dengan bantuan pesawat pengangkut Boeing 747 yang disebut Cosmic Girl.

Pesawat ini, memiliki roket LauncherOne yang terpasang di bawah salah satu sayapnya.

Misi tersebut, disebut seabgai Straight Up melibatkan tujuh satelit penelitian sebagai bagian dari Program Uji Luar Angkasa NASA.

Seperti misi sebelumnya, Virgin Orbit mendorong satelit ke luar angkasa dengan Cosmic Girl hingga ke ketinggian 35.000 kaki di atas tanah.

Virgin Orbit sendiri, awalnya menunda misi pada hari Kamis lalu setelah menemukan bahwa suhu propelan roketnya sedikit di luar batas normal.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

Diketahui, Virgin Orbit telah melakukan lima upaya peluncuran secara total, tetapi hanya gagal satu kali selama uji terbang pertamanya pada Mei 2020.

Hal ini, telah bergulir sejak pertama kali mencapai orbit pada Januari 2021, mengerahkan satu set satelit ke orbit pada Juni 2021, dan belum selesai.

Misi awal tahun ini, yaitu Straight Up Virgin Orbit adalah penerbangan sukses keempat perusahaan hingga saat ini.

Informasi tambahan, Virgin Orbit merupakan perusahaan yang dimiliki oleh miliarder asal Inggris, Richard Branson, dan berbeda dengan Virgin Galactic, cabang terpisah perusahaan untuk penerbangan luar angkasa komersial.

Meskipun telah berhasil menyelesaikan semua peluncurannya dari California Selatan sejauh ini, Virgin Orbit berencana untuk memulai lepas landas dari Cornwall, Inggris, akhir tahun ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini