Share

Pasca Peristiwa Kepunahan Terbesar di Bumi, Ini Hewan yang Paling Cepat Pulih

Melati Pratiwi, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 56 2623180 pasca-peristiwa-kepunahan-terbesar-di-bumi-ini-hewan-yang-paling-cepat-pulih-CXP1jeQNJI.JPG Pasca peristiwa kepunahan terbesar di Bumi, ini hewan yang paling cepat pulih (Foto: Getty Images)

JAKARTA - Peristiwa kepunahan besar Permn - Trias terjadi sekitar 252 juta tahun lalu. Kejadian ini, disebut-sebut telah melenyapkan hampir sepenuhnya kehidupan di Bumi.

Saat kehidupan kembali, sebuah penelitian mengidentifikasikan bahwa ada hewan yang berhasil bangkit pulih dengan cepat setelah peristiwa tersebut.

Hewan-hewan yang berhasil pulih dari kepunahan luar biasa itu, diungkap melalui pemeriksaan jejak dan liang di dasar laut China Selatan.

Dikutip dari ScienceAlert, Senin (4/7/2022), peneliti dari China, Inggris, hingga Amerika Serikat turut bergabung dalam penelitian ini.

"Menunjukkan detail di 400 titik pengambilan sampel, kami akhirnya merekonstruksi tahap pemulihan semua hewan termasuk benthos, nekton, serta hewan penggali bertubuh lunak ini di laut." kata ahli paleontologi Michael Benton, University of Bristol.

Diketahui, pengumpan deposit seperti cacing dan udang adalah hewan yang pertama bangkit kembali. Mereka adalah penghuni laut yang menetap di bagian dasar dan memakan bahan organik.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

Adapun suspension feeder atau hewan penyaring membutuhkan waktu lebih lama. Sebut saja ada brakiopoda, bryzoa, dan bivalvia.

"Mungkin pengumpan deposit membuat dasar laut berantakan sehingga airnya tercemar lumpur, lumpur yang bergejolak berarti pengumpan suspensi tidak bisa mengendap dengan baik di dasar laut" ungkap Alison Cribb, dari University of Southern California.

Menurut Alison, air berlumpur yang dihasilkan oleh pengumpan deposit itu hanya menyumbat struktur penyaringan pengumpan suspensi. Sehingga, pengumpan suspensi tidak bisa makan secara efisien.

Selain hewan laut yang telah disebutkan, peristiwa kepunahan ratusan juta tahun lalu juga tidak menghalangi karang tumbuh lagi.

Butuh sekitar 3 juta tahun bagi penghuni sedimen bertubuh lunak untuk kembali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini