Share

Alquran dan Sains Ungkap Keistimewan Kuda yang Berguna Bagi Manusia

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 56 2623575 alquran-dan-sains-ungkap-keistimewan-kuda-yang-berguna-bagi-manusia-Ky2fygKgoj.jpg Alquran dan sains ungkap keistimewaan kuda yang berguna bagi manusia (Foto: Freepik)

JAKARTA - Kuda merupakan hewan yang dikenal dengan kemampuannya yang hebat, di antaranya kuat dan cepat berlari. Kuda pun memiliki banyak keistimewaan yang berguna bagi manusia baik menurut Alquran atau sains.

Diketahui, keberadaan kuda bisa membantu dalam pekerjaan sehari-hari manusia. Kuda sendiri adalah salah satu dari spesies mamalia modern dari Genus Equus.

Hewan ini, menjadi peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis.

Dahulu kuda dimanfaatkan sebagai hewan tunggangan, terutama oleh suku-suku pengembara (nomaden) di padang rumput serta Gurun Asia Tengah dan Utara.

Hewan berkaki empat ini, juga bisa dimanfaatkan menjadi penarik yang tangguh.

Dalam buku 'Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Alquran' karya Af Idah Salmah dijelaskan bahwa kuda termasuk hewan herbivora atau pemakan tumbuhan.

Ketika musim panas, kuda bisa menghabiskan 50 kilogram rumput dalam sehari.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

Sedangkan, saat musim dingin makanannya bisa ditambah dengan jerami dan padi-padian, terkadang ditambah tetesan tebu. Kebutuhan air bagi kuda dalam sehari mencapai 60 liter.

Cara merawat kuda dengan dengan dimandikan, digosok, dipijat, serta disikat. Dalam berbagai kebudayaan, kuda dianggap sebagai simbol kebebasan, kecerdasan, serta kekuatan.

Kuda pun telah disebutkan di salah satu ayat dalam kitab suci Alquran. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَّالْخَيْلَ وَالْبِغَالَ وَالْحَمِيْرَ لِتَرْكَبُوْهَا وَزِيْنَةًۗ وَيَخْلُقُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

"Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya." (QS. An-Nahl: 8)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini