Share

NASA Kehilangan Kontak dengan Satelit yang Baru Diluncurkan

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2022 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 56 2624837 nasa-kehilangan-kontak-dengan-satelit-yang-baru-diluncurkan-m9xvVleGVZ.jpeg NASA kehilangan kontak dengan satelit yang baru diluncurkan (Foto: NASA)

JAKARTA - NASA mengumumkan telah kehilangang kontak radio dengan satelit terbarunya, yakni Cislunar Autonomous Positioning System Technology Operations and Navigation Experiment (CAPSTONE).

Disadur dari New Atlas, Rabu (6/7/2022), NASA menjelaskan bahwa hilangnya komunikasi dengan CAPSTONE terjadi pada Senin, 4 Juli 2022 lalu.

Dilaporkan, jika CAPSTONE sedang melakukan kontak dengan sistem pelacakan dan komunikasi milik NASA, yakni Deep Space Network (DSN).

NASA mengatakan, DSN memiliki data lintasan mengenai CAPSTONE dan menurut pantauannya bahan bakar yang dimiliki cukup untuk beberapa hari.

Sementara itu, pasca kejadian ini insinyur NASA terus mencoba untuk menemukan akar masalahnya dan membangun kembali kontak dengan radio yang dimiliki oleh CAPSTONE.

Berdasarkan beberapa informasi, CAPSTONE diketahui diluncurkan pada 28 Juni 2022 silam, diangkut oleh Rocket Lab Launch Complec 1 di Semenanjung Mahia, Selandia Baru.

CAPSTONE sendiri memiliki berat sekitar 25 kilogram, dan memiliki misi untuk menguji stabilitas orbit.

Awalnya, misi CAPSTONE berjalan dengan mulus sampai NASA kehilangan kontak pada lusa lalu saat perjalanan menuju Bulan.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini