Share

Kenapa Keyboard Disusun QWERTY? Begini Penjelasannya

Christabel Reviana Kusuma Putri, Jurnalis · Kamis 07 Juli 2022 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 07 57 2625492 kenapa-keyboard-disusun-qwerty-begini-penjelasannya-5obxjkrAnn.JPG Kenapa keyboard disusun QWERTY? Begini penjelasannya (Foto: Beebom)

JAKARTA - Huruf pada keyboard yang dibaca dari kiri pada enam baris pertama adalah QWERTY. Sebagai hardware, ia berfungsi untuk mengetik baik pada laptop, PC, atau smartphone.

Dilansir dari akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kamis (7/7/2022), kenapa keyboard punya susunan awal huruf sebagai QWERTY?

Jawabannya, berawal dari tahun 1970 di mana Christopher Lathma Sholes merancang mesin tik manual sesuai alfabet. Tetapi, ternyata mesin tiknya macet karena terlalu cepat saat mengetik.

Akhirnya, Sholes bersama Carloas Gildden dan Samuel W mengubah susunan dari mesin tik tersebut menjadi QWERTY. Alasannya sederhana, mereka berfikir bahwa jika urutannya diubah proses pengetikan akan lebih sulit, maka mesin tik tidak akan mudah rusak.

Sebelum QWERTY terbentuk, menurut Teroi Biagram Frequency, susunan dari tuts tersebut harus diacak agar pasangan huruf yang sering berdekatan dalam Bahasa Inggris, seperti “th”, “st”, “er”, tidak berdekatan.

Sehingga, pada tahap awal pengembangannya, keyboard sempat disusun secara QWE.TY.

Lalu, bagaimana perkembangan QWERTY dari masa ke masa? Mari simak informasi dibawah ini.

- Tahun 1878

Pada tahun 1878 QWERTY mulai mendapatkan hak paten.

- Tahun 1884

Mesin tik QWERTY pertama yang bernama “Remington Typewriter” mulai diproduksi.

- Tahun 1890

Penjualan Remington pada tahun ini diperikirakan mencapai 100.000 unit.

- Tahun 1893

Remington berhasil masuk dalam 4 besar produsen mesin tik.

- Tahun 1936

Sebuah brand baru bernama Dvorak muncul ke permukaan dan dikatakan sebagai pesaing. Dvorak juga mengklaim bahwa produknya dapat meningkatkan akurasi hingga 74%, namun hal ini masih kurang cukup untuk bersaing dengan QWERTY.

- Saat ini

Sampai pada saat ini, QWERTY keyboard masih menduduki posisi pertama sekaligus mendominasi yang digunakan di berbagai perangkat seperti PC, laptop, dan juga smartphone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini