Share

Adu Kamera dan Desain: OPPO Find X5 Pro 5G Jawara Kelas Premium

Agustina Wulandari , Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 16 2626361 adu-kamera-dan-desain-oppo-find-x5-pro-5g-jawara-kelas-premium-vh9NxFKnYY.jpg Hasil jepretan dari kamera OPPO Find X5 Pro 5G. (Foto: Dok. OPPO)

Selain spesifikasi, fitur kamera dan desain jadi faktor penting bagi konsumen saat akan membeli HP. Terutama HP kelas flagship seperti OPPO Find X5 Pro 5G dan Galaxy S22 Ultra 5G yang harganya sangat premium.

Bagi kebanyakan orang, desain HP jadi hal yang penting, karena menunjukkan kepribadian atau identitas penggunanya. Selain itu juga tentu menjadi sebuah gaya dan mempercantik penampilan. Pengguna ponsel flagship biasanya akan sangat “relate” dengan desain smartphone yang ia gunakan.

Sementara itu, kualitas kamera penting tidak hanya untuk menghasilkan konten maupun mengabadikan kegiatan keseharian, namun juga untuk menunjang pekerjaan. Apalagi, pengguna ponsel flagship umumnya memiliki gaya hidup yang sangat aktif dan dinamis.

Karena itu, perbandingan desain dan kualitas kamera OPPO Find X5 Pro 5G vs Galaxy S22 Ultra 5G tentu akan menarik diulas.

Desain

Tampilan OPPO Find X5 Pro 5G memang sangat cantik dan estetik. Desainnya sederhana, tapi juga elegan dan mewah. Bodinya terbuat dari keramik, dengan 2 opsi warna, yakni Ceramic White dan Glaze Black. Bingkai dari aluminium dan Gorilla Glass Victus memberikan proteksi ekstra.

Penampang kamera OPPO Find X5 Pro 5G juga dirancang sederhana, terlihat menyatu dengan bodi. Lekukannya halus, dan memberikan aksen mewah. Dilihat dari sisi manapun kesan premium OPPO Find X5 Pro 5G tetap terasa.

Sementara itu, desain S22 Ultra 5G sengaja dibiarkan polos tanpa penampang. Memberi kesan bahwa kamera sedang “melayang” di atas bodi. Tujuannya memang untuk memberikan harmonisasi, menonjolkan simplisitas, serta warna bodi. Uniknya, sudut-sudut ponsel terlihat tajam untuk memudahkan digenggam.

Kedua ponsel tersebut sama-sama tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68.

3 vs 4 Kamera

S22 Ultra 5G memiliki konfigurasi 4 kamera. Yakni kamera 12MP Ultra-Wide, kamera 108 MP Wide, kamera 10MP Telephoto 3x Optical Zoom, kamera 10MP Telephoto, 10x Optical Zoom, serta kamera depan 40MP.

Sementara itu, OPPO Find X5 Pro 5G menggunakan 3 kamera. Yakni kamera utama (wide) 50 MP f/1.7, kamera Ultra-wide 50MP f/2.2 dan lensa telephoto 13 MP f/2.4 dengan 2X optical zoom. Kamera depan OPPO Find X5 Pro 5G memakai lensa Sony IMX709 dengan resolusi 32 MP.

OPPO Find X5 Pro 5G lebih unggul dengan ultrawide karena dapat menghasilkan foto yang sangat tajam berkat kamera ultrawide 50 MP-nya.

Keunggulan MariSilicon X

Salah satu fitur pembeda OPPO Find X5 Pro 5G adalah prosesor gambar MariSilicon X. Berkat MariSilicon X, OPPO Find X5 Pro 5G memiliki kemampuan videografi, fotografi malam, serta Portrait yang sangat baik.

MariSilicon X memanfaatkan 2 sensor Sony IMX766 di lensa 50 megapiksel (MP) untuk meningkatkan dynamic range, menjaga kualitas piksel, serta detail warna kulit pada subjek foto. Sehingga hasilnya sangat akurat. Keunggulan lain MariSilicon X adalah menghasilkan kinerja NPU cepat tanpa menguras daya baterai.

NPU sendiri merupakan rangkaian pemroses khusus untuk mempercepat kemampuan sistem kecerdasan buatan dari sebuah sistem komputasi.

Hasil Pengujian Kamera

Okezone sudah mencoba langsung membandingkan hasil foto antara OPPO Find X5 Pro 5G dengan S22 Ultra 5G. Ada beberapa kesimpulan yang didapatkan.

Pertama, kedua smartphone flagship ini sama-sama terbaik dalam hal foto. Terbaik dalam hal kontras, dynamic range, hingga warnanya.

Selain itu, penstabil gambar kedua ponsel berfungsi prima untuk menjaga foto tidak goyang. Kedua, MariSilicon X membuktikan hasil foto OPPO Find X5 Pro 5G lebih baik di subjek manusia.

NPU mampu mengoptimalkan kinerja AI/kecerdasan buatan untuk menghasilkan foto yang akurat dan natural. Ini terlihat di mode Portrait, terutama saat memotret wajah. Warnanya mendekati realita. Tapi, tetap diperbaiki sehingga tampilannya tidak berlebihan (terlalu cantik).

Adapun karakter S22 Ultra 5G sendiri lebih menonjolkan kontras.

Untuk mode malam, pemrosesan kamera untuk menghilangkan noise di S22 Ultra 5G sedikit berlebihan sehingga memangkas detail. Berbeda dengan OPPO Find X5 Pro 5G yang tetap mempertahankan detail.

Terakhir, bisa disimpulkan bahwa OPPO Find X5 Pro 5G berhasil untuk menjaga foto dengan warna-warna yang natural.

Harga

Dari sisi harga, terlihat perbedaan yang cukup signifikan dari kedua smartphone premium ini. OPPO Find X5 Pro 5G dibandrol dengan harga Rp14.999.000.

Sedangkan, Samsung Galaxy S22 Ultra dibandrol dengan harga Rp18.999.000. Flagship terbaru OPPO tentu jauh lebih affordable dengan kualitas kamera dan desain yang elegan.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini