Share

Satelit Astronomi China Temukan Medan Magnet Terkuat di Alam Semesta

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 56 2625813 satelit-astronomi-china-temukan-medan-magnet-terkuat-di-alam-semesta-wOyR6V5Bvx.jpg Satelit astronomi China temukan medan magnet terkuat di alam semesta (Foto: Chinese Academy of Sciences)

JAKARTA - Satelit astronomi China dilaporkan telah menemukan medan magnet terkuat yang pernah ditemukan di alam semesta sejauh ini.

Melansir dari laman SCMP, Jumat (8/7/2022), medan magnet itu diklaim memiliki kekuatan sekitar 1,6 miliar tesla (satuan intensitas magnet).

Medan magnet tersebut, terdeteksi di permukaan bintang neutron yang berjarak lebih dari 22.000 tahun cahaya dari Bumi, dan disebut Swift J0243.6+6124.

Intensitas magnet itu, ditemukan oleh teleskop ruang angkasa China, Insight-HXMT, di mana diluncurkan pada tahun 2017.

Atas dasar penemuan ini, Insight-HXMT menjadi teleskop sinar-X berenergi tinggi paling kuat di orbit.

Cakupan energi dan area pengumpulan Insight-HXMT yang luas dalam pita sinar-X memungkinkan dapat mendeteksi CRSF [fitur hamburan resonansi siklotron].

"Deteksi CRSF adalah salah satu cara untuk mengukur medan magnet di dekat permukaan bintang neutron secara langsung," tulis tim astronot dalam The Astrophysical Journal.

Sementara itu, medan magnet rata-rata di permukaan Bumi adalah sekitar 0,00005 tesla, artinya medan magnet pada bintang neutron sekitar 32 triliun kali lebih kuat dari Bumi.

Lalu, penemuan ini sendiri mampu melampaui rekor sebelumnya yang berjumlah 1 miliar tesla pada bintang neutron lain dan terdeteksi oleh satelit astronomi yang sama. Serta menunjukkan pulsar memiliki struktur medan magnet yang kompleks.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini