Share

Bangkai Kapal Perang PD II yang Tenggelam Muncul ke Permukaan

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2022 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 56 2625991 bangkai-kapal-perang-pd-ii-yang-tenggelam-muncul-ke-permukaan-rzJ7TYkjSk.jpg Bangkai kapal perang PD II yang tenggelam muncul ke permukaan (Foto: AP)

JAKARTA - Bangkai kapal perang sisa Perang Dunia (PD) II yang telah karam muncul kembali ke permukaan. Ini karena dalam beberapa dekade terakhir waduk di Amerika Serikat (AS) mengalami kekeringan yang menyebabkan permukaan air surut.

Diolah dari Metro, Jumat (8/7/2022), fenomena ini dipicu oleh kekeringan panjang yang membuat danau Mead di Nevada dan Arizona berada pada titik terendah sejak dibuat pada tahun 1935, setelah pembangunan Bendungan Hoover di dekatnya.

Untuk diketahui, kapal perang yang bernama Higgins ini digunakan untuk mengangkut pasukan AS pada PD II. Lalu, pasca perdamaian dunia kapal digunakan untuk memantau sungai Colorado.

Setelahnya, kapal dibeli oleh Marina, kemudian sengaja dikaramkan untuk membentuk pemecah gelombang dengan kedalaman lebih dari 185 kaki (56 meter) di bawah permukaan danau sebelum akhirnya air benar-benar dalam kondisi surut.

Ini adalah salah satu dari banyak artefak menarik yang terungkap karena kekeringan panjang yang sedang berlangsung, yang sekarang memasuki tahun ke-22. Sebelumnya pada tahun 2000-an ditemukan kota hantu bernama St Thomas.

Lalu, belum lama ini juga ditemukan tengkorak manusia. Yang menimbulkan spekulasi bahwa ini ada hubungannya dengan kasus pembunuhan besar di Las Vegas pada massa lalu.

Kekeringan merupakan masalah serius bagi pihak berwenang di AS. Lake Mead adalah waduk terbesar di AS, yang memasok air ke Arizona, California, Nevada, dan beberapa bagian Meksiko. Penurunan terjadi sekitar 45 kaki (13 meter) dalam setahun.

Waduk lain seperti Danau Powell dan Danau Oroville di California juga mengalami titik terendah bersejarah dalam beberapa tahun terakhir. Namun, untuk dua danau ini belum ditemukan sesuatu yang menarik.

Perubahan iklim dianggap sebagai faktor utama kekeringan. Dengan pola cuaca yang tidak menguntungkan yang diprediksi akan terus berlanjut, kecil kemungkinan Danau Mead akan terisi kembali dalam waktu dekat.

Baca Juga: Kawal Pengembangan Kampung Perikanan Budidaya, KKP Siapkan Pengawas Perikanan Andal

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini