Share

NASA Kecam 3 Kosmonot Rusia, Dinilai Lakukan Propaganda Anti Ukraina

Tangguh Yudha, Jurnalis · Jum'at 08 Juli 2022 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 56 2626172 nasa-kecam-3-kosmonot-rusia-dinilai-lakukan-propaganda-anti-ukraina-qwsqU6J2k0.jpg NASA kecam 3 kosmonot Rusia, dinilai lakukan propaganda anti Ukraina (Foto: Roscosmos)

JAKARTA - NASA mengecam keras aksi tiga kosmonot Rusia yang mengibarkan bendera di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Disebutkan, apa yang dilakukan merupakan sebuah propaganda anti-Ukraina.

β€œNASA dengan keras menegur Rusia yang telah menggunakan ISS untuk tujuan politik untuk mendukung perangnya melawan Ukraina," kata sekretaris pers NASA Jackie McGuinness, dikutip dari The Verge, Jumat (8/7/2022).

"Yang pada dasarnya tidak ada kaitannya sama sekali dengan fungsi utama stasiun tersebut, yang sebenarnya diisi oleh 15 negara untuk memajukan ilmu pengetahuan dan mengembangkan teknologi untuk tujuan damai,” tambahnya.

Sebagai informasi, beberapa hari lalu tiga kosmonot Rusia tampak merayakan penguasaan penuh tentaranya di wilayah Luhansk dari Ukraina di ISS. Mereka berfoto dengan mengibarkan bendera kelompok pro-Rusia di Ukraina.

Aksi ini dilakukan oleh Komandan Oleg Artemyev, Denis Matveev, dan Sergey Korsakov. Mereka dengan jelas menunjukkan bendera Republik Rakyat Luhansk ke kamera.

Untuk diketahui, teguran keras yang dilayangkan NASA ke Rusia merupakan sesuatu yang sangat langka dan menarik. Mengingat NASA dan Rusia sendiri selama ini merupakan mitra utama badan antariksa yang memiliki peran penting di ISS.

Meskipun ketegangan antara Rusia dan Ukraina telah membuat beberapa lembaga AS kegerahan dan memutuskan kerja sama dengan Rusia, nyatanya hanya kerja sama di bidang antariksa yang bertahan.

NASA dan Rusia terus bekerja sama untuk mempertahankan operasi berkelanjutan di ISS, yang terus dikelola oleh astronot Amerika dan kosmonot Rusia. Hubungan tersebut bertahan selama perang, bahkan ketika Rusia telah membuat ancaman terbuka.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

(amj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini