Share

Tahukah Anda, Apa Perbedaan Astronot dengan Kosmonot?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2022 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 56 2626250 tahukah-anda-apa-perbedaan-astronot-dengan-kosmonot-Afgix7IeKn.jpg Tahukah Anda, apa perbedaan astronot dengan kosmonot? (Foto: StarLust)

JAKARTA - Menjelajah luar angkasa adalah tugas seorang astronot ataupun kosmonot. Tugas mereka sendiri, menjalankan berbagai misi yang sudah dibawa dari Bumi.

Nama astronot mungkin sudah sangat familier di telinga masyarakat dunia. Astronot paling sering disebut-sebut sebagai profesi yang banyak menginjakkan kaki di luar angkasa.

Namun selain astronot, ada juga profesi lainnya yang juga mengharuskan mereka untuk ke luar angkasa, yakni kosmonot.

Dari kedua profesi tersebut, mungkin tidak banyak yang tahu apa perbedaannya. Meskipun kedua profesi ini sama-sama memiliki tugasnya dalam menjelajah luar angkasa, tetapi ada hal yang membedakan kedua istilah tersebut.

Astronot merupakan profesi yang memungkinkan mereka yang untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa, dengan berbagai misi. Astronot adalah sebutan secara universal bagi antariksawan yang berasal dari Amerika Serikat.

Sementara itu, kosmonot tidak jauh berbeda dengan astronot. Kosmonot ini adalah antariksawan, tetapi berasal dari Rusia.

Jadi, perbedaan tersebut hanya terletak dari mana antariksawan tersebut berasal. Demikian seperti dinukil dari berbagai laman oleh Okezone.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

Astronot menjadi orang yang dilatih sebagai pilot pesawat luar angkasa. Mereka melakukan perjalanan dan juga bekerja di luar angkasa.

Istilah astronot ini pertama kali muncul pada 1929. Istilah ini pun muncul saat pertama kalinya National Aeronautics and Space Administration (NASA) dibentuk.

Sementara itu, kosmonot digunakan oleh Rusia bagi mereka yang bertugas untuk menjelajah luar angkasa. Arti kata Kosmonot ini berasal dari kata ‘Kosmo’ yang artinya ‘Alam Semesta’ dan ‘Nautes’ yang memiliki arti ‘Penjelajah’.

Di Amerika Serikat, badan antariksa disebut NASA. Sedangkan badan antariksa di Rusia disebut degan FKA atau RKA yang memiliki kepanjangan yakni Russian Federal Space Agency yang kini menjadi Roscosmos.

Intinya secara fungsi dan tujuan, kedua istilah ini tidak memiliki perbedaan. Hanya asal dari antariksawan tersebut saja yang akhirnya membedakan istilah itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini